Helikopter Serang AH-64 Apache dan CH-47 Chinook AD AS Terlibat dalam Penyerbuan Abu Bakr al Baghdadi

KangUsHa 13:00
Loading...

Pasukan komando khusus Amerika Serikat melakukan penyerbuan terhadap pemimpin ISIS Abu Bakr al Baghdadi dengan menggunakan helikopter AH-64 Apache dan CH-47 Chinook setelah diintai oleh Badan intelijen CIA, demikian dikutip New York Times, Minggu, 27 Oktober 2019.
Sekitar tengah malam hari Sabtu, 26 Oktober 2019, delapan helikopter Amerika, AH-64 Apache dan CH-47 Chinook, lepas landas dari pangkalan militer dekat Erbil, Irak. Dengan terbang rendah dan cepat untuk menghindari deteksi, helikopter melintasi perbatasan Suriah.
Chinook USAF
Chinook USAF 
AH-64 Apache adalah sebuah helikopter tempur yang bisa digunakan untuk semua keadaan cuaca. Ia dikendalikan oleh dua awak dan persenjataan utamanya adalah sebuah meriam rantai M230 30mm yang terletak di bawah moncong.
Helikopter ini juga bisa membawa kombinasi persenjataan lain seperti AGM-114 Hellfire dan roket Hydra 70 di pangkal sayap. AH-64 Apache adalah helikopter serbu untuk Angkatan Darat Amerika Serikat dan merupakan pengganti dari helikopter serang AH-1 Cobra.
Ah-64 Apache dirancang oleh perusahaan Hughes Helicopters untuk merespon program Helikopter Serbu (HPT) Angkatan Darat AS. Firma McDonnell Douglas kemudian membeli Hughes Helicopters dan melanjutkan pembangunan helikopter ini. Pembangunan helikopter ini telah menghasilkan helikopter AH-64D Apache Longbow yang kini dikeluarkan oleh Boeing Integrated Defense Systems.
Sebelum diterjunkan menyerang pimpinan ISIS, helikopter AH-64 di antaranya pernah beraksi dalam operasi-operasi invasi Amerika Serikat ke Panama 1989, Perang Teluk, Afghanistan, dan Irak.
Pasukan TNI juga menggunakan helikopter AH-64E Apache Guardian yang merupakan heli varian terbaru buatan Boeng ini sebagai helikopter tempur.
Bagaimana spesifikasi helikopter CH-47 Chinook? Helikopter angkut garapan Boeing itu memiliki dua mesin turboshaft GE Aviation T408, yang masing-masing menghasilkan 7.500shp (5.600kW). Namanya, Chinook, berasal dari penduduk asli Chinook Amerika di negara bagian Washington modern.
Turbin GE T408 memiliki 2.500shp lebih dari mesin helikopter Honeywell T55. Mesin tersebut bersertifikat dan diinstal pada helikopter Korps Marinir AS (USMC) yang akan datang, Storsion King Sikorsky CH-53K. Boeing menolak untuk mengatakan apa model Chinook berfungsi sebagai platform uji untuk uji mesin.
Helikopter bongsor ini melakukan perjalanan dengan kecepatan hingga 170 knot, Chinook memiliki jangkauan 400 mil laut dan dapat mencapai ketinggian lebih dari 5.400 meter. Kemampuan kinerjanya yang sangat tinggi telah menjadi faktor pendukung penting di wilayah pegunungan Afghanistan.
Dengan panjang 15,8 meter dan tinggi 5,4 meter, pesawat ini lepas landas dengan beban 22,6 ton dan bisa mengangkut 11,7 ton. Selain itu, pesawat bisa memasang setidaknya tiga senapan mesin, satu dari masing-masing jendela dan lainnya dari lubang kargo belakang.
Pada saat penyerangan Abu Bakr al Baghdadi, helikopter tempur Apache menggempur markas persembunyian pemimpin ISIS itu dari atas, sementara pasukan komando diturunkan dari helikopter Chinook, menyerbu melewati pintu depan, sambil waspada terhadap jebakan, sebelum menghancurkan salah satu dinding kompleks.
Dalam penerbangan 70 menit itu, helikopter mendapat tembakan dari darat secara sporadis, sebelum sampai ke daerah Barisha di utara kota Idlib, di Suriah barat. Tepat sebelum mendarat, helikopter dan pesawat tempur lainnya mulai menembaki kompleks bangunan, menyediakan perlindungan bagi pasukan komando Delta Force dan anjing-anjing militer mereka untuk turun ke zona pendaratan.
Pasukan komando Delta Force, dihujani tembakan, memasuki kompleks, tempat mereka menembak sejumlah orang. Ketika tim Delta Force membobol tembok dengan bahan peledak, seorang ahli bahasa Arab menasihati anak-anak dan non-milisi lainnya bagaimana melarikan diri, seorang komandan dipercaya mengamankan 11 anak-anak al Baghdadi di kompleksnya.
Al Baghdadi berlari ke terowongan bawah tanah dan dikejar pasukan komando Amerika. Presiden Trump mengatakan bahwa pemimpin ISIS membawa tiga anak bersamanya, mungkin untuk digunakan sebagai perisai manusia dari tembakan Amerika. Khawatir bahwa al-Baghdadi mengenakan rompi bunuh diri, pasukan komando mengirim seekor anjing militer untuk melumpuhkan al Baghdadi, kata Trump. (Moh Khory Alfarizi)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak