Mengenal Truk Militer Legendaris TNI REO M35

KangUsHa 16:00
Loading...

REO M35
REO M35 
Setiap tanggal 5 Oktober di Indonesia selalu diperingati sebagai HUT TNI, untuk tahun ini Tentara Nasional Indonesia akan memperingati hari jadinya yang ke-74. Tentu selain membutuhkan persenjataan yang mumpuni, para anggota TNI juga perlu didukung dengan kendaraan militer yang canggih serta memiliki kekuatan yang tangguh.

Salah satu yang dibutuhkan oleh para anggota TNI adalah sebuah truk. Dengan kehadiran truk dalam kendaraan militernya akan memudahkan mereka untuk mengangkut para tentara hingga alat persenjataan.
TNI sendiri sejak dahulu telah memiliki truk sebagai kendaraan militernya, salah satunya yakni Truk REO M35 buatan Amerika Serikat. Truk ini sebelumnya juga pernah dipakai dalam perang Vietnam pada tahun 1960-an. Akhirnya pihak TNI menggunakan truk REO M35 sebagai kendaraan militernya.
REO M35 ini masuk ke Indonesia pada tahun 1970-an yang merupakan unit bekas pakai militer Amerika Serikat. Kemudian truk ini digunakan sebagai pengangkut para tentara militer dan berbagai persenjataan milik TNI.
Dalam awal pembuatannya, truk REO M35 ini mulai diproduksi pada tahun 1949 dengan desain yang diusung oleh REO (Ransom Eli Olds) Motor Company Mobile yang berbasis di Michigan, Amerika Serikat.
Untuk spesifikasinya, REO M35 menggunakan mesin in-line enam siliner berkapasitas 7.8L, dilengkapi turbocharged multifuel serta dapat menghasilkan tenaga hingga 135 Hp pada putaran torsi 447 Nm.
Selain itu, truk ini termasuk ke dalam tipe 6x6 cargo truck dengan berat kosongnya mencapai 5.900 kg dan berat isi mencapai 8.110 kg. Memiliki panjang 7 meter, lebar 2,36 meter dan tinggi 2,82 meter menjadikan truk militer tersebut sebagai andalan para tentara dalam melakukan operasi militer.
Pada bagian transmisinya truk REO M35 ini menggunakan transmisi sebesar lima kecepatan dan transfer case 2-speed. Jangkauan jarak tempuh truk ini mencapai 480 km dengan maksimum kecepatan yang dihasilkan sebesar 93 km/jam.
Selama perjalanannya sebagai truk militer milik TNI, REO M35 telah digunakan oleh TNI AD (Kopassus dan Kostrad), TNI AL (Marinir), TNI AU (Paskhas) dan Brimob Polri.
Debut pertama truk ini sebagai kendaraan militer dimulai dalam operasi Seroja di Timor Timur pada tahun 1975. Tak hanya itu truk ini juga digunakan dalam operasi militer menumpas Gerakan Aceh Merdeka (GAM).
Tentu sejarah panjang dari truk legendaris milik TNI ini memiliki peran penting dalam menumpas kejahatan dan menjaga keamanan negara Indonesia. Hingga kini truk tersebut masih sering digunakan dalam beberapa pelatihan militer yang dilakukan oleh TNI.(Ilham Satria Fikriansyah)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak