Perancis Lakukan Pemotongan Baja Pertama Frigat FTI

KangUsHa 13:54
Loading...

Pembuat kapal Perancis Naval Group telah menyelenggarakan upacara pemotongan baja untuk fregat de Taille Intermediaire (FTI) pertama Angkatan Laut Perancis di Lorient.
Kapal pertama di kelasnya, yang diberi nama sesuai dengan pelaut dan jenderal Perancis, Pierre-Alexis Ronarc, dijadwalkan akan diserahkan pada tahun 2023.
 Fregat de Taille Intermediaire (FTI)
 Fregat de Taille Intermediaire (FTI) 
Frigat garis-depan engan bobot 4.500 ton, dilengkapi untuk perangkat peperangan anti-kapal selam dengan pertahanan-diri yang lebih luas dan kapasitas commando-projection, sedang dibangun berdasarkan kontrak mulai April 2017. Kapal berukuran panjang 122 meter dan menampilkan desain haluan inverted bow untuk stabilitas yang lebih besar pada kecepatan tinggi.
Kapal FTI mengisi celah antara kapal korvet 2.500 ton Gowind dan kapal frigat 6.000 ton yang ditawarkan oleh Naval Group.
Dengan dipersenjatai dengan rudal anti-kapal Exocet MM40 B3C, rudal anti-pesawat Aster 15 dan Aster 30 dan torpedo anti-kapal selam MU90, frigat tersebut akan mampu secara bersamaan mengoperasikan helikopter dan drone udara, selain juga mengerahkan pasukan operasi khusus melalui dua boat komando.
FTI juga akan menggunakan radar multifungsi solid-state Sea Fire yang dikembangkan Thales dengan antena array empat-panel. Sea Fire dirancang untuk berbagai peran mulai dari pertahanan diri kapal hingga pertahanan udara jarak jauh, memberikan perlindungan dari ancaman udara dan permukaan konvensional, asimetris.
Terlebih lagi, FTI akan menjadi kapal Angkatan Laut Perancis pertama yang sejak awal dilindungi dari ancaman cyber dengan arsitektur IT yang rangkap dengan dua pusat data.
Kesemua lima unit yang dipesan diharapkan untuk bergabung dengan AL Perancis pada tahun 2030, sehingga jumlah total kapal garis depan dalam kedinasan AL Perancis menjadi lima belas.
Upacara pemotongan baja pertama tersebut dihadiri, antara lain oleh Panglima Angkatan Laut Yunani Vice Admiral Nikolaos Tsounis dimana Yunani sedang dalam pembicaraan dengan Perancis mengenai akuisisi dua kapal Belharra, yang merupakan versi ekspor fregat FTI.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak