Tucano Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) Pensiun

KangUsHa 09:00
Loading...

Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) telah memensiunkan armada pesawat latih Short Tucano yang dibangun oleh perusahaan Short Brothers. Short Tucano merupakan versi lisensi dari pesawat latih Embraer EMB-312 Tucano Brasil, dengan beberapa perubahan diantaranya seperti mesin yang lebih kuat, propeler empat bilah dan kokpit yang dibuat mirip dengan pesawat latih Hawk AU Inggris.
Tucano Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF)
Tucano Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) 
Pesawat Tucano memasuki kedinasan AU Inggris pada 30 tahun yang lalu. AU Inggris memiliki sekitar 130 pesawat Tucano. Pesawat itu merupakan pesawat latih untuk keperluan konversi bagi pilot yang akan berpindah menerbangkan pesawat jet.
Pesawat Tucano pertama kali dibangun di Belfast dan melakukan penerbangan perdananya di Brasil pada tahun 1986.
Barulah pada tahun 1989 Tucano memasuki kedinasan, dimana kemudian pilot baru AU Inggris berlanjut menerbangkan pesawat Hawk T2.
Untuk menandai pemensiunan pesawat itu, Tucano diterbangkan untuk terakhir kalinya di pangkalan RAF Linton-on-Ouse pada hari Jumat (25/10) dalam sebuah formasi sembilan pesawat.
Penerbangan terakhir Tucano tersebut tidak hanya menandai akhir dari pesawat itu tetapi juga akhir bagi pangkalan RAF Linton-on-Ouse.
Pangkalan itu akan menjadi rumah bagi Yorkshire Universities Air Squadron sampai akhir tahun 2020 ketika mereka juga akan pindah ke rumah baru.
72 Squadron yang menaungi pesawat latih Tucano kemudian akan pindah dari North Yorkshire ke pangkalan RAF Valley di Wales dan mulai melatih pilot dengan armada pesawat baru Beechcraft T-6 Texan II.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak