Turki Hampir Sepakat Membeli 36 Jet Tempur Su-35 Rusia

KangUsHa 22:00
Loading...

Turki hampir mencapai kesepakatan dengan Moskow mengenai pembelian pesawat jet tempur Su-35 dan juga co-manufacturing beberapa komponen pesawat buatan Rusia.
Jet Tempur Su-35 Rusia
Jet Tempur Su-35 Rusia 
Sumber pemerintah Ankara pada hari Jumat mengatakan para pejabat kedua negara sedang mendiskusikan rincian penjualan total 36 jet tempur Su-35 Rusia ke Turki, dua bulan setelah kunjungan Presiden Recep Tayyip Erdogan ke pertunjukan penerbangan International Aviation and Space Salon (MAKS)-2019 di luar Moskow.
Sumber yang dikutip Daily Sabah, Sabtu (26/10/2019), menambahkan bahwa para pejabat juga membahas kemungkinan keterlibatan Turki dalam produksi beberapa komponen jet tempur, termasuk senjata presisi dan amunisinya.
Pada kunjungan ke MAKS-2019 pada 27 Agustus lalu, Erdogan diperlihatkan pesawat jet tempur siluman Su-57, jet tempur Su-35, helikopter militer Ka-52 dan helikopter angkut Mi-38.
Segera setelah kunjungan Erdogan, Kepala Rostec Rusia Sergei Chemezov mengatakan pihaknya bersedia menjual pesawat superioritas udara Rusia ke Turki jika Ankara menyatakan minatnya.
Turki telah berselisih dengan Amerika Serikat (AS) setelah Ankara nekat mengakuisisi sistem pertahanan rudal S-400 Rusia. AS lantas menangguhkan Ankara dari program pesawat tempur siluman F-35 sebagai reaksi atas pembelian S-400.
Washington berpendapat bahwa S-400 tidak kompatibel dengan sistem NATO dan berisiko mengekspos kelemahan F-35. Namun, Turki menekankan bahwa S-400 tidak akan diintegrasikan ke dalam sistem NATO dan tidak akan menimbulkan ancaman bagi aliansi serta menolak untuk mundur dari kesepakatan yang dibuat dengan Moskow.(Muhaimin)
.
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak