Amerika Serikat Kerahkan Jet Tempur F-35 ke Timur Tengah untuk Misi Tempur

KangUsHa 15:00
Loading...

Untuk kedua kalinya pada tahun 2019, satu skuadron tempur dikerahkan dari Pangkalan Angkatan Udara Hill (Hill AFB) menuju penempatan pasukan tempur di Timur Tengah. Jet-jet tempur siluman termahal itu dikerahkan untuk misi tempur.
Jet Tempur F-35 USAF
Jet Tempur F-35 USAF 
Juru bicara Fighter Wing 388, Micah Garbarino, mengatakan penerbang dari Pasukan Tempur ke-388 dan 419 milik Fighter Squadron ke-34 sudah berangkat minggu lalu ke Pangkalan Udara Al Dhafra, Uni Emirat Arab (UEA). Demi alasan keamanan, Angkatan Udara mengumumkan penyebaran jet-jet tempur itu setelah para awak sudah pergi.
Skuadron tempur F-35 dari Hill AFB akan mendukung misi Komando Pusat (CENTCOM) Angkatan Udara Amerika Serikat di Timur Tengah.
"Saya sangat bangga dengan semua penerbang kami di sayap pesawat tempur 388 dan 419," kata Kolonel Steven Behmer, komandan Fighter Wing ke-388 dalam siaran pers.
"(Mereka) ... benar-benar siap untuk tugas pemberitahuan singkat ini, membawa kemampuan tempur unik F-35A ke pertempuran," lanjut dia, seperti dikutip Standard-Examiner.
Garbarino mengatakan kelompok itu terdiri dari pilot dan personel tugas aktif dari Fighter Squadron ke-34 dan skuadron cadangan ke-466. Para awak juga termasuk penerbang aktif dan cadangan di Unit Pemeliharaan Pesawat ke-34 dan personel dalam fungsi pendukung lainnya.
Beberapa minggu sebelumnya, penerbang dan jet tempur F-35 dari Fighter Squadron ke-4 Hill AFB kembali dari tugas penyebaran enam bulan ke wilayah yang sama dengan misi serupa.
Fighter Squadron ke-4 menyelesaikan setidaknya dua serangan tempur terhadap pasukan musuh saat berada di luar negeri.
Pada bulan September, pesawat F-35 dan pilot dari Hill AFB menjadi bagian dari kelompok yang menjatuhkan sekitar 80.000 pound bom di Pulau Qanus, Irak—tempat yang telah digunakan sebagai lokasi persembunyian militan Islamic State of Iraq and Syria/Levant (ISIS/ISIL).
Pada bulan April, pilot F-35 dari Hill AFB melakukan serangan udara di Wadi Ashai, Irak, dengan menghantam jaringan terowongan ISIS yang sudah lama terbentuk dan gudang senjata di daerah terpencil di Pegunungan Hamrin.
Pada saat itu, para pejabat Angkatan Udara AS mengatakan serangan itu menandai serangan tempur dunia nyata pertama.
Hill AFB terpilih sebagai rumah pilihan Angkatan Udara untuk F-35 pada Desember 2013 setelah proses peninjauan lingkungan selama empat tahun. Sejak pengiriman awal dua jet pada akhir 2015, pangkalan itu telah menerima satu hingga dua pesawat setiap bulan. (Muhaimin)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak