C-17 Cargo: Pesawat Pembawa Munisi Sekaligus Pengebom

KangUsHa 15:00
Loading...

Angkatan Udara Amerika Serikat sedang menyempurnakan konsep pesawat angkut militer C-17 Cargo yang dapat mengangkut sejumlah besar amunisi ke dalam pertempuran sekaligus membantu serangan.
C-17 Globemaster USAF
C-17 Globemaster USAF 
Pesawat Arsenal itu direncanakan mengudara pada November 2019. ”Ada rencana uji coba sekaligus melaporkan kepada pimpinan tentang kemajuan gagasan pesawat Arsenal ini," tulis Majalah Air Force.
Angkatan Udara AS pada 2016 pertama kali membahas konsep tersebut. Pesawat arsenal yang bisa membawa sejumlah besar senjata, semi-otonom dan mampu menembak sasaran yang diidentifikasi oleh pesawat lain seperti pembom dan jet tempur siluman.
Menteri Pertahanan Ash Carter yang menjabat pada 2016 mengatakan bahwa pesawat Arsenal mengambil gagasan salah satu platform pesawat tertua. “Mengubahnya menjadi landasan peluncuran untuk semua jenis muatan konvensional yang berbeda,” kata Ash Carter.
Tapi menurut majalah Air Force, mungkin Angkatan Udara AS ingin mengonversi sebuah pesawat pengangkut untuk peran itu. "Komandan Komando Serangan Global Angkatan Udara AS, Jenderal Timothy Ray mengindikasikan platform mobilitas bisa jadi satu," tulis Air Force.
Pesawat kargo seperti C-17 membutuhkan modifikasi ekstensif sebelum dapat meluncurkan senjata. Sama dengan B-52 yang lamban, C-17  bahkan lebih rentan.
"C-17 kemungkinan akan sangat diminati selama tahap awal konflik besar dalam menyelesaikan misi utama mereka," tutur Mark Gunzinger, analis dari Mitchell Institute for Aerospace Studies yang berbasis di Virginia. “Tidak masuk akal memanfaatkan C-17 untuk serangan daripada menggunakannya untuk mengerahkan pasukan dalam sebuah operasi.”(Moh Khory Alfarizi)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak