Dibayangi Sanksi AS, Serbia Beli Sistem Rudal Pantsir Rusia

KangUsHa 04:00
Loading...

Rusia akan mengirimkan sistem rudal anti pesawat canggih ke Serbia meskipun Amerika Serikat (AS) telah memperingatkan kemungkinan sanksi terhadap negara Balkan jika mewujudkan pembelian tersebut.
Sistem Rudal Pantsir Rusia
Sistem Rudal Pantsir Rusia 
Kantor berita Rusia, TASS, melaporkan bahwa sistem rudal Pantsir-S akan dikirim ke Serbia dalam beberapa bulan ke depan sesuai dengan kontrak yang telah ditandatangani seperti dikutip dari AP, Kamis (7/11/2019).
Utusan khusus AS untuk Balkan Barat, Matthew Palmer, pekan lalu memperingatkan Serbia bahwa pembelian senjata Rusia "berisiko" terkena sanksi AS.
"Kami berharap bahwa mitra Serbia kami akan berhati-hati tentang transaksi semacam ini," kata Palmer dalam sebuah wawancara dengan televisi Makedonia Alsat M.
Serbia tetap menjadi sekutu utama Rusia meskipun negara itu ingin bergabung dengan Uni Eropa. Beograd telah berjanji untuk tetap keluar dari NATO dan menolak untuk bergabung dengan sanksi Barat terhadap Rusia atas konflik di Ukraina timur.
Rusia telah membantu Serbia meningkatkan militernya dengan jet tempur, helikopter serang dan tank tempur. Ini meningkatkan kekhawatiran di wilayah Balkan yang dilanda perang. Selama perpecahan berdarah di negara bekas Yugoslavia pada 1990-an, Serbia berperang dengan tetangganya Kroasia, Bosnia dan Kosovo.
Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengatakan dalam sebuah wawancara televisi negara pada hari Selasa bahwa Serbia membeli senjata defensif dari Rusia dan ia ingin menghindari sanksi AS atau konfrontasi dengan Amerika.
"Serbia mempersenjatai dirinya sendiri karena itu adalah negara bebas yang dikelilingi oleh negara-negara anggota NATO yang kami inginkan menjadi teman," kata Vucic, seraya menambahkan ia tidak akan membiarkan Serbia menjadi selemah seperti pada 1990-an.
Serbia dibom oleh NATO pada tahun 1999 untuk menghentikan tindakan keras berdarah terhadap orang-orang Albania Kosovo, sebuah pengalaman yang membuat orang Serbia sangat tidak percaya pada aliansi militer Barat. Kosovo kemudian mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada 2008, sebuah langkah yang tidak diakui Beograd dan Moskow.
Pantsir adalah sistem rudal anti-pesawat jarak pendek yang dipasang di atas truk yang juga telah digunakan di Suriah. Sistem rudal itu juga dapat menargetkan drone dan rudal jelajah. (Berlianto)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak