DSEI Japan 2019: Perkembangan Multi-Mission Frigate Jepang - Radar Militer

21 November 2019

DSEI Japan 2019: Perkembangan Multi-Mission Frigate Jepang


Perwakilan perusahaan Jepang Mitsubishi Heavy Industries (MHI), yang direncanakan akan membangun enam dari delapan fregat untuk Pasukan Beladiri Maritim Jepang (JMSDF), mengatakan di pameran pertahanan DSEI Japan 2019 pada 18-20 November di Chiba bahwa kelas fregat baru itu akan memiliki panjang 132,5 m, lebar 16 m, dan memiliki beam 9 m dan displacement standar 3.900 ton.
Multi-Mission Frigate Jepang
Multi-Mission Frigate Jepang 
Ditenagai oleh sistem propulsi combined diesel and gas (CODAG) dengan dua mesin diesel MAN 12V28/33D STC dan satu turbin gas Rolls-Royce MT30, kapal-kapal ini diharapkan mampu mencapai kecepatan tertinggi 30 kt.
Persenjataan pada fregat, yang masing-masing akan mampu meluncurkan satu helikopter serta kendaraan permukaan dan bawah laut tak berawak, diperkirakan meliputi versi laut dari rudal permukaan-ke-udara jarak menengah Type-03 (juga dikenal sebagai 'Chū-SAM Kai'), meriam kaliber 5-inci (127 mm)/62, sistem peluncur vertikal (VLS), rudal anti-kapal yang diluncurkan dari kanister, dan close-in weapon system SeaRAM.
Kementerian Pertahanan Jepang diperkirakan akan melakukan pemesanan untuk semua delapan fregat multirole tersebut pada tahun fiskal 2021, dengan dua kapal akan dibangun setiap tahun dalam pengaturan dimana MHI dan Mitsui akan bergantian sebagai pimpinan dan sub-kontraktor.
MHI, yang pada November 2018 lalu mendapat kontrak untuk membangun kapal pertama, direncanakan untuk membangun enam fregat kelas tersebut (dengan Mitsui Engineering dan Shipbuilding [MES] sebagai subkontraktor), sementara MES akan membangun dua kapal yang tersisa (dengan MHI sebagai subkontraktor).
Konstruksi dua fregat pertama berlangsung di Nagasaki Shipyard & Machinery Works milik MHI di Prefektur Nagasaki dan Galangan Tamano MES di Prefektur Okayama. Dua kapal pertama ini akan diluncurkan pada November 2020 dan diharapkan akan mulai bertugas pada Maret 2022.(Angga Saja-TSM)
Sumber :  janes.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb