Malaysia akan Segera Luncurkan Pengadaan LCA/FLIT Secara Resmi - Radar Militer

20 November 2019

Malaysia akan Segera Luncurkan Pengadaan LCA/FLIT Secara Resmi


Malaysia dalam waktu dekat diperkirakan akan secara resmi meluncurkan upaya pengadaan untuk light combat aircraft/fighter lead-in trainer (LCA/FLIT) untuk mengganti sejumlah jenis platform yang ada saat ini.
Program Light Combat Aircraft Malaysia
Program Light Combat Aircraft Malaysia 
Pada 14 November, seorang pejabat mengatakan bahwa rencana Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (RMAF) untuk mendapatkan hingga 36 LCA dengan opsi tambahan 26 telah diijinkan, dan bahwa persetujuan pemerintah sekarang diperkirakan akan turun dalam kuartal pertama tahun 2020.
Sebuah slide briefing yang disajikan oleh pejabat tersebut menunjukkan delapan pesawat kandidat untuk menggantikan armada BAE Systems Hawk, MiG-29, dan Aermacchi MB339 RMAF dan untuk menambah kekuatan Boeing F/A-18 Hornet dan Sukhoi Su-30 sebelum pada akhirnya pesawat-pesawat itu digantikan oleh tipe yang berbeda juga.
Untuk persyaratan LCA, jenis pesawat yang dipertimbangkan adalah Korean Aerospace Industries (KAI) FA-50 Fighting Eagle; Hindustan Aeronautics Limited (HAL) Tejas; Leonardo M-346; Aero Vodochody L-39NG; CAC L-15A/B; CAC/PAC JF-17; Saab Gripen; dan Yakovlev Yak-130.
Dalam hal persyaratan LCA, pejabat tersebut menekankan bahwa platform yang dipilih harus dapat melakukan misi tempur udara-ke-udara dan udara-ke-darat secara efektif, dengan kemampuan serang maritim di masa depan; bahwa ia juga harus mampu melakukan operasi anti pemberontakan; serta "layak secara ekonomi"; dan cukup dibeli untuk dapat melakukan operasi di dua teater secara bersamaan, dan dalam waktu yang sangat singkat.(Gareth Jennings).(Angga Saja-TSM)
Sumber : janes.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb