Pentagon Kembangkan Laser Anti-Balistik untuk Jatuhkan Rudal Jelajah

KangUsHa 14:00
Loading...

Para pejabat Angkatan Laut dan Udara Amerika Serikat (AS) ramai-ramai berharap bisa menggunakan laser untuk menembak jatuh rudal balistik yang tengah mereka kembangkan atas naman pertahanan anti rudal balistik.
Senjata Laser Amerika
Senjata Laser Amerika 
"Ada minat besar di (Angkatan) Udara dalam mengembangkan kemampuan untuk kontra rudal jelajah," kata Direktur Energi Langsung Laboratorium Angkatan Udara AS, Kelly Hammet, pada konferensi perang elektronik the Association of Old Crows awal pekan ini seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (2/11/2019).
Pejabat Angkatan Laut juga mengindikasikan bahwa pemasangan laser pada kapal mereka yang cukup kuat untuk menjatuhkan rudal jelajah adalah salah satu tujuan utama dari tugasnya.
Laksamana Muda Ron Boxall, yang memimpin direktorat perang permukaan untuk Kepala Operasi Angkatan Laut, mengatakan kepada Defense News pada Mei lalu bahwa "kunci" untuk Angkatan Laut adalah High Energy Laser and Integrated Optical-dazzler with Surveillance (HELIOS), sebuah senjata energi langsung dengan jangkauan 5 mil yang dipasang pada kapal perusak pada tahun 2021. Dengan output 60 kilowatt sekarang, laser diharapkan akan dengan cepat ditingkatkan menjadi setidaknya 500 kilowatt.
Memang, HELIOS hanyalah salah satu dari beberapa program Pentagon yang bertujuan untuk mengembangkan laser solid-state. Program lainnya termasuk Ruggedized High Energy Laser (RHEL); Optical Dazzling Interdictor, Navy (ODIN); the Solid State Laser Technology Maturation (SSL-TM); dan High Energy Laser Counter-ASCM Programme (HELCAP), model komputer untuk menembak jatuh rudal jelajah anti-kapal.
Namun, dengan jangkauan yang diperkirakan hanya 5 mil, HELIOS masih tidak bisa menangani jenis serangan yang baru-baru ini terlihat digunakan terhadap fasilitas minyak Saudi Aramco. Di situlah sistem laser seluler sangat berguna.
"Jika Anda duduk di home plate dan memiliki 10 pelari yang datang secara bersamaan dan Anda mencoba untuk menandai semuanya, itu mungkin bukan solusi yang unggul," kata Hammett, menurut Breaking Defense.
"Kamu ingin maju dengan platform di udara," imbuhnya.
Namun seorang ilmuwan senior di Office of Naval Research, Frank Peterkin, memperingatkan pada konferensi Association of Old Crows bahwa laser menghadirkan masalah unik sebagai pencegat karena kebutuhan mereka untuk memperbaiki satu titik butuh waktu yang lama untuk membakarnya.
"Kita perlu memahami target-target itu dengan lebih baik, karena keunggulan senjata laser adalah presisi, dan kelemahan senjata laser adalah presisi," terangnya.
Sementara itu Breaking Defense mencatat bahwa masalahnya menjadi "sangat akut" ketika targetnya adalah rudal jelajah yang sudah memiliki kerucut yang diperkuat untuk melindunginya dari panas intens sebagai akibat dari penerbangan supersonik atmosfer. Titik proyektil yang benar-benar rentan - yang ingin Anda targetkan untuk membuatnya tidak dapat terbang - juga tidak mungkin berada di depan. (Berlianto)


Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak