Rusia Desak Amerika Serikat Perpanjang Pakta Nuklir yang Berakhir 2021

KangUsHa 02:00
Loading...

Rusia secara resmi mengusulkan pada Amerika Serikat (AS) bahwa dua negara memperpanjang traktat kontrol senjata New START hingga lima tahun. Meski demikian, Moskow juga akan menerima perpanjangan yang lebih singkat.
Presiden Rusia dan Amerika Serikat
Presiden Rusia dan Amerika Serikat 
Kesepakatan New START akan berakhir pada Februari 2021 yang merupakan traktat kontrol senjata nuklir terbesar terakhir antara Moskow dan Washington. Traktat itu membatasi jumlah hulu ledak nuklir strategis yang dapat mereka kerahkan hingga 1.550.
Rusia memperingatkan awal bulan ini bahwa sudah tidak ada cukup waktu tersisa bagi Moskow dan Washington untuk negosiasi penggantian traktat itu dan waktunya semakin habis untuk menyepakati perpanjangan traktat.
"Kami usulkan pada AS memperpanjang traktat hingga lima tahun sebagaimana diatur di dalamnya, atau jika untuk beberapa alasan itu tidak nyaman bagi pihak AS, maka periode waktu lebih singkat," ungkap Deputi Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Ryabkov, dikutip kantor berita RIA.
Ryabkov berkomentar setelah bertemu mitra China. Menurut Ryabkov, perpanjangan dalam waktu lebih singkat tidak akan menjadi hasil terbaik tapi itu lebih baik daripada tanpa perpanjangan.
Presiden AS Donald Trump menjelaskan pada Presiden Rusia Vladimir Putin pada 2017 bahwa dia berpikir New START adalah kesepakatan buruk bagi AS. Para pejabat AS menyatakan Trump hanya akan memutuskan tahun depan apakah AS akan memperpanjang traktat itu atau tidak.
Traktat itu ditandatangani oleh pendahulu Trump, Barack Obama pada 2010. (Syarifudin)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak