Tentara Nasional Libya Mengaku Tak Sengaja Tembak Jatuh Drone Amerika Serikat - Radar Militer

27 November 2019

Tentara Nasional Libya Mengaku Tak Sengaja Tembak Jatuh Drone Amerika Serikat


Tentara Nasional Libya (LNA), yang dipimpin oleh Jenderal Khalifa Haftar mengaku berada di balik hilangnya drone Amerika Serikat (AS). Drone AS hilang di atas langit Tripoli pada pekan lalu.
Ilustrasi
Ilustrasi 
Seorang pejabat LNA mengatakan, mereka tidak sengaja menembak jatuh drone AS tersebut. Dia mengatakan, pihaknya mengira drone itu adalah drone buatan Turki yang digunakan oleh rival mereka.
"LNA telah meminta maaf karena menembak jatuh drone Amerika dan telah setuju dengan Amerika untuk mengkoordinasikan operasi mereka atas Tripoli dan daerah sekitarnya untuk menghindari insiden serupa di masa depan," kata pejabat tersebut, seperti dilansir Arab News pada Selasa (26/11/2019).
Sebelumnya diwartakan, AS menuturkan bahwa sebuah drone tidak dipersenjatai milik Komando Afrika AS yang dikendalikan dari jarak jauh (RPA) hilang di atas Tripoli, pada 21 November.
Menurut pernyataan itu, Komando Afrika AS menggunakan RPA di Libya untuk memantau aksi kekerasan ekstremisme dan menilai situasi keamanan di negara itu. "Operasi ini sangat penting untuk melawan kegiatan teror di Libya dan dikoordinasikan sepenuhnya dengan pejabat pemerintah yang tepat," jelas pernyataan itu. (Victor Maulana)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb