Turki Sebut S-400 Penting untuk Pertahanan

KangUsHa 18:00
Loading...

Turki akan terus bernegosiasi dengan Washington, tetapi tidak akan tunduk pada tekanan Amerika Serikat (AS) atas penggunaan sistem pertahanan udara S-400 Rusia yang sangat penting untuk kemampuan pertahanan Ankara. Hal itu ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu.
Sistem Pertahanan Udara S-400
Sistem Pertahanan Udara S-400 
"Kami mengusulkan ke AS untuk membentuk kelompok kerja yang dipimpin oleh NATO, tetapi AS menolak tawaran kami," kata Cavusoglu, seperti dikutip Sputnik dari surat kabar Turki Daily Sabah, Rabu (27/11/2019).
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam konferensi persnya menyebut uji coba Turki terhadap sistem rudal dan radar anti-pesawat S-400 "memkhawatirkan".
AS berulangkali mengungkapkan keberatannya atas pembelian sistem pertahanan buatan Rusia oleh Ankara, dengan mengatakan bahwa sistem senjata itu tidak sesuai dengan standar keamanan NATO. Ankara menegaskan bahwa sistem S-400 tidak akan menimbulkan ancaman terhadap aliansi dan menolak tekanan AS untuk membatalkan pesanan.
"Kami memiliki pendapat yang berbeda tetapi kami dapat terus berbicara," kata Cavusoglu.
Artikel itu mencatat bahwa keputusan Ankara untuk membeli sistem S-400 adalah langkah penting setelah negosiasi yang berlarut-larut untuk membeli sistem pertahanan udara dari Washington runtuh.
Rusia dan Turki awalnya menandatangani kesepakatan USD2,5 miliar untuk pengiriman empat baterai S-400 pada Desember 2017. Kesepakatan untuk resimen kedua sistem rudal S-400 diperkirakan akan ditandatangani pada 2020, kata Direktur Jenderal Rosoboronexport Rusia Alexander Mikheev.
Pengiriman S-400, yang telah memicu krisis dalam hubungan Turki dengan AS, dimulai pada pertengahan Juli. Menurut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sistem tersebut diharapkan akan beroperasi penuh pada April 2020. (Berlianto)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak