Ulah Konyol Pilot Jet Tempur AS Picu Tabrakan di Udara, Ada yang Baca Buku Sambil Selfie

KangUsHa 20:00
Loading...

Militer Amerika Serikat merilis laporan pemeriksaan terhadap anggota Korps Marinir Air Station Iwakuni, Jepang. Penyelidikan ini dilakukan terkait tabrakan antara jet tempur AS F/A-18 dan pesawat KC-130 saat pengisian bahan bakar di udara, tepatnya di wilayah udara lepas pantai Prefektur Kochi, pada 6 Desember 2018.
Refuelling Jet Tempur AS
Refuelling Jet Tempur AS 
Saat itu kedua pesawat sedang menjalani misi pengisian bahan bakar di malam hari sebelum bertabrakan satu sama lain lalu jatuh di Samudera Pasifik. Peristiwa ini menewaskan enam orang.
Berdasarkan hasil penyelidikan, seperti dikutip dari Japan Times, Kamis (7/11/2019), beberapa anggota Korps Marinir Air Station Iwakuni diketahui memiliki kebiasaan buruk, seperti melepas masker oksigen, melepas tangan dari tuas kontrol pesawat untuk membaca buku, bahkan menyisir jenggot.
Kelakuan konyol pilot itu diketahui setelah mereka merekam adegan itu melalui foto selfie lalu mengunggah hasilnya ke akun media sosial serta layanan pesan singkat WhatsApp sebagai profil.
Selain itu, hasil sampel pemeriksaan urine terhadap anggota, termasuk seorang pilot yang terlibat kecelakaan pada 2018, positif obat penenang hipnosis. Mengonsumsi obat itu berarti pilot tak layak terbang.
Anggota Korps Marinir Air Station Iwakuni juga terlibat dalam kecelakaan udara di Pangkalan Udara Kadena, Prefektur Okinawa, pada 28 April 2016, di mana sebuah jet tempur F/A-18 menabrak pesawat pengisi bahan bakar di udara.
Laporan menyebut, kebiasaan buruk para pilot selama pengisian bahan bakar di udara merupakan penyebab kecelakaan pada Desember 2018. Sebenarnya kecelakaan pada 2018 bisa dicegah jika rekomendasi hasil penyelidikan kecelakaan pada 2016 diterapkan.
Setelah penyelidikan ini, empat petugas dipecat termasuk sang komandan. Dia lah yang kedapatan mengunggah foto selfie di profil WhatsApp-nya. Saat itu dia melepas masker oksigen dan pelindung.
Pilot lain kedapatan membagikan foto selfie saat dia membaca buku dengan kedua tangan tak memegang tuas kemudi pesawat.
Foto selfie lain menunjukkan seorang pilot masih menggunakan masker merapikan kumisnya dengan sisir. Foto itu dipastikan diambil saat penerbangan.
Sementara itu warga Iwakuni, Prefektur Yamaguchi, mengungkapkan kemarahan mereka atas temuan pelanggaran ini dan menyerukan agar penerbangan militer AS ditangguhkan.
"Ini perilaku sangat berbahaya. Mereka dapat menyebabkan kecelakaan dan harus segera menangguhkan penerbangan," kata Jungen Tamura (74), mantan anggota Dewan Kota Iwakuni yang memantau kegiatan di pangkalan udara AS.(Anton Suhartono)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak