Amerika Serikat Gunakan Rudal "Ninja" untuk Lenyapkan Dua Militan Suriah

KangUsHa 07:00
Loading...

Pasukan Amerika Serikat dilaporkan melakukan serangan udara yang tidak biasa terhadap sebuah kendaraan minivan di sebuah kota di barat laut Suriah, kurang dari 10 mil dari Barisha, dimana pimpinan ISIS Abu Bakr Al-Baghdadi tewas dalam serangan pasukan khusus AS dibulan Oktober. 
AGM-114R9X
AGM-114R9X 
Nampaknya serangan udara kali ini melibatkan penggunaan varian rudal Hellfire yang sangat khusus, yang dikenal sebagai AGM-114R9X, yang mengganti hulu ledak pada model standar dengan satu set enam bilah pisau lipat seperti pedang untuk meminimalisir collateral damage. 
Ini menjadikan rudal tersebut menjadi rudal non eksplosif yang didesain untuk menjatuhkan lebih dari 45 kg logam menembus kendaraan, bangunan dan obyek lain dengan presisi maksimum untuk menargetkan individu yang dianggap penting.
Dilaporkan bahwa dua orang di dalam van meninggal, tetapi identitas mereka dan berafiliasi dengan kelompok mana masih tidak jelas pada saat penulisan ini. Ada satu laporan bahwa setidaknya satu orang yang terbunuh adalah anggota high profile dari Hayat Tahrir Al Sham, atau HTS, sebuah kelompok yang terpecah dari Al Qaeda di Suriah pada 2017.
Laporan dari The Drive berkonsentrasi pada kerusakan yang ditimbulkan oleh senjata tersebut. Foto-foto yang disebut dari lokasi serangan menunjukkan kendaraan itu hancur di bagian tengah, tetapi bukan oleh ledakan, memperlihatkan kerusakan parah pada sisi penumpang depan tetapi sebaliknya hanya menimbulkan kerusakan sedikit pada kursi belakang. 
Dilaporkan kedua orang dalam kendaraan tersebut "tercincang" didalam kendaraan karena impak senjata yang disebutkan merupakan fitur dari rudal AGM-114R9X. Diduga rudal tersebut ditembakkan dari drone
Ada kesamaan yang jelas di sini dengan serangan yang menewaskan Abu Khayr Al Masri, yang saat itu menjadi pemimpin nomor dua Al Qaeda, ketika ia mengendarai mobilnya di Al Mastouma, Suriah, pada 2017. Kota ini juga terletak di Idlib dan sekitar 30 mil di selatan Atmeh. Mobil Al Masri juga mengalami kerusakan paling parah terhadap sisi penumpang depan dan diketahui merupakan hasil kerja AGM-114R9X.
Hingga saat ini masih belum ada gambar atau detil resmi yang dirilis mengenai rudal AGM-114R9X.(Angga Saja-TSM)
Sumber :  thedrive.com
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak