Dua Unit Kapal KAL 28 M Semakin Perkuat TNI AL - Radar Militer

17 Desember 2019

Dua Unit Kapal KAL 28 M Semakin Perkuat TNI AL


TNI Angkatan Laut kembali menerima dua unit kapal atau KAL 28 M buatan anak bangsa. Dua unit KAL 28 M produksi PT Steadfast Marine Tbk ini, memiliki spesifikasi panjang 28 koma 98 meter dan lebar 6 koma 2 meter dengan berat 90 ton.
KAL Anyer dan KAL Rajagwesi
KAL Anyer dan KAL Rajagwesi 
Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimal 28 knots, dengan kecepatan jelajah 18 knots. Sementara jumlah ABK sebanyak 15 orang, dan mampu berlayar dengan endurance selama tiga hari.
Kedua kapal tersebut masing masing bernama KAL Anyer dengan nomor lambung kapal I-3-64 yang akan ditempatkan di Lanal Banten Koarmada Satu, dan KAL Rajagwesi dengan nomor lambung kapal II-5-40 yang akan ditempatkan di Lanal Banyuwangi Koarmada Dua.
Acara serah terima dua kapal yang berlangsung di Lantamal XII Pontianak pada Senin (16/12/2019) pagi, disaksikan langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.
"TNI Angkatan Laut sebagai institusi bertugas dalam pertahanan negara, penegak kedaulatan, dan hukum di laut. Sehingga, memerlukan alat utama sistem senjata atau alutsista berupa kapal perang. Kapal jenis KAL 28 M ini akan dipergunakan khususnya dalam bertugas di wilayah perairan yang dangkal atau litoral," ujar Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. (Uun Yuniar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb