Inilah Daftar Harga Pistol Buatan PT Pindad - Radar Militer

21 Desember 2019

Inilah Daftar Harga Pistol Buatan PT Pindad


Sebagai produsen senjata nasional, PT Pindad (Persero) memiliki beragam produk senjata untuk memperkuat sektor pertahanan di Indonesia, mulai dari senjata laras pendek hingga senjata laras panjang. Adapun untuk kategori pistol, ada beberapa tipe yang sudah dipasarkan oleh Pindad, mulai dari FN 46 atau Pindad P1, P2, hingga G2 Premium untuk kalangan sipil. Harga pistol Pindad tersebut dibanderol beragam.
Pistol Buatan PT Pindad
Pistol Buatan PT Pindad 
Sebagai informasi, Pindad P1 adalah pistol single action dengan mekanisme semi otomatis buatan Pindad, Bandung yang memakai amunisi kaliber 9 mm ke dalam magazine isi 13 butir, dilengkapi dengan alat bidik besi tritium dot sight. Pistol satu ini adalah versi Indonesia dari Browning Hi-Power atau Browning P35 yang memiliki lisensi dari FN Herstal, pabrikan senjata asal Belgia. Harga pistol FN 46 alias P1 sendiri berkisar antara Rp20 juta hingga Rp25 jutaan.
Setelah kehadiran P1, Pindad pun memproduksi pistol lain seri P2 yang memiliki kaliber sama, yakni 9 mm, dan P3 yang memakai amunisi berukuran 7,65 x 17 mm (.32 ACP), dengan panjang laras 100 mm dan berat 800 gram.
Sayangnya, seri P1 dan P2 sendiri termasuk senjata organik yang diproduksi oleh PT Pindad untuk TNI, sehingga tidak boleh diperjual-belikan secara umum. “Karena hanya pesanan organik TNI dan Polri, senjata buatan Pindad tak boleh diperjualbelikan secara umum,” kata Juru bicara PT Pindad, Tuning Rudyati beberapa tahun silam, seperti dilansir Tempo.
Nah, untuk kalangan sipil, Pindad memproduksi pistol jenis G2 Premium. Pistol satu ini adalah pengembangan dari versi terdahulu, yaitu G2 Combat dan Elit. Saat diperkenalkan tahun 2016 lalu, Pistol G2 Premium dipasarkan dengan harga Rp35 juta per pucuk dan lebih dikhususkan keperluan olahraga tembak.
Distribusi pistol G2 Premium pada dasarnya terbatas untuk anggota TNI Polri. Tetapi, bagi masyarakat sipil yang ingin memilikinya diharuskan bergabung menjadi anggota Perbakin (Persatuan Penembak Indonesia) dan mengurus sertifikasi penggunaan senjata api. G2 Premium sendiri mempunyai amunisi kaliber 9 mm dengan jarak tembak efektif 25 meter dan kapasitas magasin-nya 15 butir.(Dian Kartika)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb