Jet Tempur Rusia Su-57 Generasi Kelima Jatuh Saat Uji Terbang - Radar Militer

25 Desember 2019

Jet Tempur Rusia Su-57 Generasi Kelima Jatuh Saat Uji Terbang


Jet tempur Su-57 generasi kelima buatan Rusia jatuh saat melakukan penerbangan uji coba. Jet tempur canggih itu jatuh di wilayah pabrik perakitan Komsomolsk-on-Amur di Far East.
Russian Today, pada Selasa (24/12), melaporkan sang pilot berhasil keluar dari pesawat setelah menekan kursi pelontar. Kemudian dia berhasil diselamatkan oleh helikopter Mi-8.
Jet Tempur Rusia Su-57
Jet Tempur Rusia Su-57 
Pesawat tersebut sedang menjalani serangkaian uji terbang sekitar 110 kilometer dari pangkalan udara Dzyomgi di wilayah Khabarovsk.
Pihak produsen mengatakan insiden itu tidak menimbulkan kerusakan maupun korban di darat. Saat ini mereka tengah mencari kotak hitam untuk menyelidiki penyebab pesawat jatuh.
Jet tempur generasi kelima itu telah merampungkan proses uji coba pada 2010, dan memasuki tahap produksi massal tahun 2019 ini.
Pesawat itu sebelumnya hanya diproduksi terbatas selama masa pra-produksi.
Usai melakukan uji coba, jet tempur Su-57 juga sempat diterjunkan dalam sebuah perang anti-terorisme di Suriah.
Su-57 didesain untuk menghancurkan target di udara, darat, dan laut dengan mengombinasikan fungsi jet tempur dan pesawat penyerang.
Pesawat ini dibekali dengan rudal balistik hipersonik dan peralatan radio-elektronik terbaru. Termasuk di dalamnya komputer dan sistem radar di sepanjang badan pesawat serta kemampuan pengembangan kecepatan jelajah supersonik
Berkat kemampuan manuver dan fitur supersonik, jet tempur bermesin ganda ini disiapkan menjadi andalan kekuatan udara Rusia.
Rencana merilis jet tempur Su-57 untuk militer Angkatan Udara ini sudah disampaikan Rusia pada bulan lalu.
Wakil Menteri Pertahanan Alexei Krivoruchko berharap bisa melipatgandakan produksi jet Su-57 dengan melibatkan Sukhoi sebagai pemanufaktur.
Berdasarkan kontrak yang masih berjalan, Angkatan Udara Rusia akan meluncurkan 76 pesawat Su-57 pada 2028 mendatang. (dea)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb