MBDA Mengintegrasikan Rudal Meteor BVRAAM Pada Pesawat Tempur KF-X AU Korea Selatan (RoKAF)

KangUsHa 08:00
Loading...

Korea Aerospace Industries (KAI) telah memberikan kontrak kepada MBDA, dengan nilai yang dirahasiakan, untuk mengintegrasikan rudal beyond visual range air-to-air missile (BVRAAM) Meteor pada pesawat tempur masa depan Korea Fighter eXperimental (KF-X ) yang merupakan pesawat tempur generasi kelima Angkatan Udara Republik Korea (RoKAF).
Pesawat Tempur KF-X AU Korea Selatan (RoKAF)
Pesawat Tempur KF-X AU Korea Selatan (RoKAF) 
Kontrak diberikan pada Pameran Internasional Penerbangan dan Pertahanan (ADEX) 2019 Seoul yang dihelat pada pertengahan Oktober, tetapi baru diumumkan oleh MBDA pada 22 November 2019, kontrak tersebut memberikan "transfer teknologi dan pembuatan semua peralatan uji yang dibutuhkan untuk menyelesaikan integrasi pada pesawat, termasuk dukungan integrasi dan peluru kendali untuk keperluan uji coba, "kata juru bicara MBDA kepada Janes. 
Juru bicara MBDA mengkonfirmasi bahwa kontrak integrasi yang telah disepakati membuka jalan bagi kontrak pengadaan rudal Meteor di masa depan untuk dipakai pada pesawat tempur KF-X AU Republik Korea (RoKAF).
Sementara itu, integrasi rudal Meteor dan platform uji coba pada pesawat tempur KF-X terkait dengan waktu yang telah disepakati untuk program platform. Dikembangkan oleh KAI, KF-X adalah bagian dari Administrasi Akuisisi Fighter Program Pengadaan Pertahanan DAPA Republik Korea (RoK) untuk Angkatan Udara Korea (RoKAF), dan dimaksudkan untuk menggantikan pesawat tempur F-4E Phantom dan F-5E Tiger II RoKAF. 
Program pesawat tempur KF-X mencakup produksi enam pesawat prototipe dengan platform purwa rupa awal yang direncanakan selesai pada paruh pertama 2021, dan uji penerbangan pada 2022; penyelesaian uji coba platform dan pengembangan diharapkan pada pertengahan 2026, dengan batch produksi awal sekitar 150-200 pesawat yang dijadwalkan untuk jangka waktu 2026-32. 
DAPA akan meluncurkan program KF-X Block 2 pada tahun 2021, yang mencakup pengembangan rongga senjata internal (internal weapon bays). Di bawah F-X Phase 3 Korea Selatan juga telah memilih untuk mengakuisisi 40 pesawat tempur F-35A buatan Lockheed Martin untuk varian take-off and landing konvensional (CTOL).
Meteor merupakan rudal BVRAAM generasi baru yang dikembangkan berdasarkan perjanjian kerja sama antara Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Swedia, dan Inggris. Integrasi senjata telah selesai pada pesawat tempur Eurofighter Typhoon, Saab Gripen JAS 39 E/F, pesawat tempur multirole Dassault Rafale F3R; dan integrasi pada varian F-35B (pendaratan vertikal dan jarak pendek(STOVL) untuk Inggris) dan kini pada pesawat tempur KF-X.(Herru Sustiana)
Sumber : janes.com
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak