Rusia: Kami Tengah Persiapkan Kunjungan Putin ke Indonesia pada 2020 - Radar Militer

19 Desember 2019

Rusia: Kami Tengah Persiapkan Kunjungan Putin ke Indonesia pada 2020


Rusia menuturkan, persiapan kunjungan Presiden Rusia, Vladimir Putin ke Indonesia masih terus berlangsung. Putin dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Indonesia untuk memenuhi undangan Presiden Joko Widodo pada tahun depan.
Presiden RI dan Presiden Rusia
Presiden RI dan Presiden Rusia 
"Kami sedang berkonsentrasi untuk mempersiapkan kunjungan yang ditunggu-tunggu, Vladimir Putin ke Jakarta. Kami bekerja dengan sangat keras dalam hal ini dan kami berharap jadwal Putin memungkinkan dia untuk berkunjung ke Jakarta pada 2020 untuk memenuhi undangan Jokowi," ucap Wakil Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Oleg V.Kopylov.
Dia menuturkan, ada satu set dokumen yang cukup besar yang akan diteken saat pertemuan Putin dan Jokowi berlangsung dan beberapa diantaranya berada dalam tahap persiapan.
"Beberapa diantaranya adalah deklarasi kemitraan strategis antara Indonesia dan Rusia. Jadi, ini akan menandai peningkatan hubungan antara kedua negara, yang mana kita akan merayakan 70 tahun hubungan diplomatik pada tahun depan. Oleh karena itu, kunjungan dan penandatangan dokumen ini akan menjadi sangat simbolis," ucapnya.
"Di antara dokumen-dokumen lain, kami memiliki pernyataan bersama para presiden dalam keamanan informasi internasional dan juga perjanjian penyederhanaan visa yang akan membuat kehidupan wisatawan kami lebih mudah," sambungnya pada Rabu (18/12/2019).
Ketika disinggung mengenai waktu pasti kunjungan Putin ke Jakarta, Kopylov menuturkan untuk saat ini belum ada waktu pasti yang disepakati kedua belah pihak mengenai kunjungan ini.
"Saya tidak dapat mengomentari tanggal pastinya karena jika pastinya sudah ada, saya akan membagikannya kepada Anda. Seperti yang kita pahami, jadwal presiden untuk tahun berikutnya masih disusun. Semoga segera kita akan tahu tanggal pastinya," tukasnya. (Victor Maulana)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb