Sukhoi Su-57, Jet Tempur Generasi Kelima Rusia

KangUsHa 12:00
Loading...

Sukhoi Su-57 adalah jet tempur generasi kelima Rusia yang memiliki kemampuan siluman. Jet tempur tersebut saat ini tengah dalam pengembangan dan diperkirakan dalam waktu dekat akan segera mulai memasuki layanan militer.
Sukhoi Su-57
Sukhoi Su-57 
Jet tempur single-seat, multi-engine yang dikembangkan sejak 2002 direncanakan untuk menggantikan jet tempur Mig-29 Fulcrum dan Su-27 Flanker pada sistem pertahanan udara Rusia. Pesawat ini dirancang untuk menandingi jet tempur siluman F-22 Raptor dan F-35 Lightning II milik Amerika Serikat (AS).
Penerbangan perdana jet tempur yang memiliki nama lain T-50 itu dilakukan pada tanggal 29 Januari 2010. Kemudian disusul dengan penerbangan kedua pada tanggal 12 Februari 2010. Pembuatan jet tempur siluman ini akan dilakukan berdasarkan kerja sama Rusia dengan India. Kedua negara tersebut masing-masing akan memiliki 200 unit Sukhoi T-50, sedangkan 600 unit berikutnya akan dijual kepada negara-negara lain.
Sementara itu, Direktur Rostec Aviation Cluster Industrial, Anatoly Serdyukov menuturkan, pihaknya telah melakukan 16 penerbangan jet tempur Su-57 generasi kelima untuk menguji mesin tahap 2 barunya.
"Saat ini, uji coba dari mesin canggih terus berlangsung dan item sedang diuji di laboratorium terbang. Pada bulan Oktober, penerbangan lain dilakukan untuk memeriksa karakteristik item dalam berbagai mode penerbangan, khususnya, pengoperasian nozzle jet vectoring dan sistem minyak pada kelebihan beban negatif. Secara keseluruhan, 16 penerbangan di laboratorium terbang dilakukan," ucap Serdyukov seperti dilansir Tass.
Su-57 dengan mesin tahap kedua yang dikenal sebagai Item 30 melakukan penerbangan debutnya pada bulan Desember 2017. Mesin akan mendapatkan sistem kontrol otomatis sepenuhnya elektronik dan memastikan kemampuan manuver super tempur, rasio dorong-ke-berat, karakteristik sembunyi dan kemampuan untuk melakukan penerbangan jelajah dengan kecepatan supersonik.
Jet tempur Su-57 generasi kelima ditujukan untuk menghancurkan semua jenis sasaran udara, darat dan laut. Pesawat ini mengembangkan kecepatan jelajah supersonik, membawa persenjataan di dalam pesawatnya, fitur lapisan siluman dan peralatan onboard terbaru. (Victor Maulana)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak