Tentara Amerika Serikat dan Korea Selatan Gelar Latihan Penyerbuan ke Markas Korea Utara - Radar Militer

24 Desember 2019

Tentara Amerika Serikat dan Korea Selatan Gelar Latihan Penyerbuan ke Markas Korea Utara


Tentara Amerika Serikat dan Korea Selatan menggelar latihan bersama dengan skenario menyusup ke markas musuh. Latihan ini digelar di tengah ketegangan antara Korsel dan Korea Utara yang kembali meningkat.
Latihan Penyerbuan ke Markas Korea Utara
Latihan Penyerbuan ke Markas Korea Utara 
Kantor berita Reuters pada Senin (23/12) merilis foto-foto latihan bersama yang dilakukan oleh pasukan khusus kedua negara di pangkalan militer kota Gunsan. Dalam foto, terlihat pasukan Korsel dan AS menyerbu sebuah bangunan dan menyeret keluar seorang pria dengan tangan terikat di belakang.
Koran Korsel, Chosun Ilbo, menuliskan latihan itu adalah simulasi penyerbuan ke markas Korut dan menangkap pejabat mereka. Dalam tangkapan layar dari video yang telah dihapus oleh Kemhan AS memperlihatkan pria berpakaian mirip militer Korut tengkurap di lantai setelah ditembak.
Hal berbeda disampaikan pejabat Korsel yang mengatakan itu adalah simulasi pembebasan sandera. Latihan tersebut merupakan bagian dari kerja sama anti-terorisme antara AS dan Korsel. Tidak ada pernyataan dari pemerintah AS.
Latihan digelar di tengah hubungan yang memburuk antara Korut dan Korsel. Perundingan proliferasi nuklir dan pencabutan sanksi Korut mandek.
Belum ada komentar dari Korut terkait latihan militer ini. Namun yang sudah-sudah, mereka murka jika AS dan Korsel latihan militer bersama, menganggapnya sebagai latihan untuk menggulingkan pemerintahan Korut.
Korut dan Korsel masih dalam status berperang setelah Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada 1953. Pada 2017, Korsel di bawah pemerintahan sebelumnya berencana membentuk unit khusus militer untuk menggulingkan atau melumpuhkan komando Korut jika perang terjadi lagi.(kumparanNEWS)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb