Australia Jual Dua Frigat Kelas Adelaide ke Chile

KangUsHa 03:00
Loading...

Menurut berita yang dirilis pada tanggal 27 Desember 2019, pada situs web surat kabar Australia "The Australian", pemerintah Australia akan menjual dua frigat rudal (FFG) bekas kelas Adelaide ke Chile, yaitu HMAS Melbourne (FGG 05) dan HMAS Newcastle (FFG 06) yang mulai ditugaskan pada awal 1990-an dan dipensiunkan pada tahun 2019.
Adelaide Class
Adelaide Class 
Frigat-frigat Angkatan Laut Australia tersebut adalah kapal-kapal terakhir dari enam kapal kelas Adelaide yang telah pensiun. Mereka akan digantikan oleh tiga kapal air warfare destroyer yang baru.
Menurut sumber militer Chile, akuisisi kapal bekas HMAS Melbourne dan HMAS Newcastle diperkirakan akan selesai pada akhir tahun ini, dengan serah-terima akan berlangsung pada tahun 2020. Frigat Australia akan menggantikan dua kapal bekas frigat pertahanan udara Angkatan Laut Belanda kelas Jacob van Heemskerck yang diperoleh Chile pada tahun 2004 dan dikenal sebagai kelas Latorre di Chili.
Kelas Adelaide adalah kelas kapal yang terdiri dari enam frigat berpeluru kendali yang dibangun di Australia dan Amerika Serikat untuk dinas di Angkatan Laut Australia. Kelas ini didasarkan pada frigat kelas Oliver Hazard Perry Angkatan Laut Amerika Serikat tetapi dimodifikasi untuk persyaratan kebutuhan Australia.
Kapal-kapal ini terutama digunakan oleh Angkatan Laut Australia sebagai kapal pertahanan udara, dipersenjatai dengan peluncur rudal Mark 13 untuk rudal SM-2. kapal tersebut juga memiliki kemampuan anti-permukaan yang signifikan, dipersenjatai dengan meriam 76-milimeter (3,0 in) Mk 75 dan Harpoon ASM (juga ditembakkan dari peluncur rudal Mark 13), dan sepasang peluncur torpedo tiga tabung untuk peperangan anti kapal selam. Selain itu, kapal juga membawa dua helikopter Seahawk S-70B.
Frigat Australia awalnya dilengkapi dengan torpedo anti-kapal selam Mark 46 buatan Amerika Serikat, tetapi pada 2008, torpedo tersebut diganti dengan impact torpedo MU90 buatan Eropa pada tiga kapal frigat sebagai bagian dari Upgrade FFG (Future Frigate program). Upgrade lainnya adalah pemasangan Vertical Launch System (VLS) 8 sel Mark 41 didepan peluncur rudal Mk.13 untuk rudal Evolved Sea Sparrow.
Frigat berpeluru kendali kelas Adelaide, HMAS Melbourne juga dilengkapi dengan sistem komando dan pengendalian berbasis komputer yang canggih yang sepenuhnya mengintegrasikan rangkaian senjata dan sensor yang signifikan untuk memungkinkan penggunaan senjata secara cepat dan efektif bila diperlukan.
Didesain untuk melakukan operasi helikopter, Melbourne (III) mampu menerbangkan dan menggunakan helikopter 'Romeo' MH-60R yang baru yang semakin memperluas jangkauan dan daya bunuh kapal tersebut. Melbourne (III) dapat menampung hingga 232 perwira dan awak.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon