Empat Pesawat Tempur F-16 TNI AU Masih Disiagakan di Natuna

KangUsHa 03:00
Loading...

Empat pesawat tempur F-16 Landasan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru masih disiagakan di Perairan Natuna Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pihak TNI AU masih menunggu perintah dari pimpinan untuk kegiatan selanjutnya.
F-16 TNI AU Siaga di Natuna
F-16 TNI AU Siaga di Natuna 
"Sampai hari ini F-16 masih di Natuna. Di sana melaksanakan kegiatan Lintas Elang 20," ucap Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsekal Pertama Ronny Moningka, Jumat (10/1/2020).
Pihak TNI AU belum bisa memastikan sampai kapan F-16 bertahan di Natuna. Namun, kehadiran pesawat tempur buatan Amerika Serikat untuk menjaga teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Dia menepis kalau kehadiran pesawat jet tempur itu untuk memprovokasi pihak tertentu. Di mana, kapal kapal China dalam beberapa hari berada di Perairan Natuna.
"Kita (tetap) di sana sampai kondisi kondusif," ujarnya.
Pihak Lanud Roesmin Nurjadin mengirim empat pesawat tempur sejak 6 Januari 2020. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 8 Januari 2020 juga telah berkunjung ke Natuna. (Banda Haruddin Tanjung)
Prabowo Matangkan Rencana Pembangunan Pangkalan Militer di Natuna
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyatakan pemerintah berencana membangun pangkalan militer TNI di beberapa wilayah, salah satunya di Natuna, Kepulauan Riau. Saat ini, masih sedang dilakukan pematangan untuk pembangunannya.
“Saat ini, Pak Menhan sedang melakukan proses pematangan,” kata Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak kepada Okezone di Jakarta, Minggu (12/1/2020).
Menurut Dahnil, proses pematangan dalam membangun pangkalan-pangkalan seperti menghadirkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang layak dan modern untuk berada di sana.
“Termasuk penguatan bakal pangkalan-pangkalan tersebut melalui alutsista yang layak dan modern,” beber Dahnil.
Namun, ia belum bisa merinci secara detail terkait wilayah mana saja yang akan dibangun pangkalan militer. Dahnil hanya mengamini jika salah satu pangkalan militer berada di Natuna.
“Salah satunya seperti yang disebutkan Pak Menhan (Prabowo),” tuturnya. (Harits Tryan Akhmad)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak