Hikmahanto: Masalah dengan China di Natuna Dinilai Tak Akan Selesai Sampai Akhir Zaman

KangUsHa 08:00
Loading...

Masalah Indonesia dengan China di Laut Natuna Utara diyakini tidak akan pernah selesai sampai akhir zaman. Sebab, China dinilai tak akan pernah merasa melanggar zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.
Coast Guard China
Coast Guard China 
"Karena apa? Kita tidak mengakui klaimnya, dia juga tidak mengakui klaimnya," ujar Guru Besar Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana dalam diskusi Legal Update bertajuk Jalan Keluar Sengketa Natuna di Resto Tjikini 5, Jakarta Pusat, Kamis (9/1/2020).
Dia pun yakin, Pemerintah Indonesia tidak akan bernegosiasi. "Oleh karena itu kita bicara ZEE ini sumber daya alam, maka ya kita manfaatkan sumber daya alam itu sebesar-besarnya, tapi juga mementingkan masalah konservasi," ujarnya.
Dia pun menilai, seharusnya nelayan Indonesia yang mengeksploitasi laut Natuna Utara, ZEE Indonesia itu. "Tapi kalau kita bilang kita mengekploitasi, tapi nelayan tidak ada di sana buat apa? Maka saya nyatakan harus kita hadirkan nelayan kita," katanya.
Namun, dia mempertanyakan apakah negara ini mau memberikan gaji kepada nelayan yang pergi ke Laut Natuna Utara. "Itu kan ZEE kalau di sana menguntungkan ya mereka datang kalau enggak ya enggak datang," imbuhnya. (Rico Afrido Simanjuntak)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak