KRI Tjiptadi-381 Usir Kapal Coast Guard China Saat Coba Masuk ZEE Indonesia

KangUsHa 13:00
Loading...

Situasi Laut Natuna kembali memanas menyusul hadirnya kapal-kapal Coast Guard China di perbatasan Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI) di Laut Natuna utara.
Seperti yang terjadi pada 30 Desember 2019, lalu, KRI Tjiptadi-381 di bawah jajaran Komando Armada (Koarmada) I TNI AL yang tengah berpatroli di perbatasan ZEEI Laut Natuna utara tepatnya di posisi 05 06 20 U 109 15 80 T mendeteksi 1 kontak kapal di radar pada posisi 05 14 14 U 109 22 44 T jarak 11.5 nautical mile (NM) menuju selatan dengan kecepatan 3 knots.
KRI Tjiptadi-381
KRI Tjiptadi-381  
”Setelah didekati pada jarak 1 NM kontak tersebut adalah milik China Coast Guard dengan nomor lambung 4301 (CCG 4301) yang sedang mengawal beberapa kapal ikan China melakukan aktivitas perikanan,” kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada I, Letkol Laut (P) Fajar Tri Rohadi, dalam keterangan pers Jumat (3/1/2019).
Menurut Rohadi, pihaknya kemudian melakukan komunikasi dan mengusir kapal-kapal yang berupaya menangkap ikan secara illegal. Tidak hanya itu, KRI Tjiptadi-381 juga mencegah kapal CCG 4301 untuk tidak mengawal kegiatan llegal, unreported, unregulated fishing (IUUF) karena posisinya berada di perairan ZEEI.
”Koarmada I tetap berkomitmen melaksanakan tugas pokok dan tetap berpegang pada prosedur dengan tujuan menjaga kedaulatan wilayah dan keamanan di kawasan sekaligus menjaga stabilitas di wilayah perbatasaan,” katanya.
Dari video berdurasi 1 menit 37 detik yang beredar, tampak kapal Coast Guard China melindungi dan menjaga kapal penangkap ikan negara tersebut di perairan ZEE Indonesia. Bahkan, KRI Tjiptadi-381 yang mencoba menangkap kapal ikan China tersebut dihalang-halangi oleh kapal Coast Guard China dari sisi kiri. (Sucipto)

Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon

Radar Acak