LCA Tejas Versi AL India Sukses Mendarat di Kapal Induk INS Vikramaditya

KangUsHa 23:00
Loading...

Pada hari Sabtu, 11 Januari 2020, pesawat Tejas Mk1 LCA (Light Combat Aircraft) varian angkatan laut buatan India telah menyelesaikan pendaratan pertama yang sukses di atas kapal induk Angkatan Laut India INS Vikramaditya.
LCA Tejas
LCA Tejas  
Setelah menyelesaikan uji coba ekstensif pada Shore Based Test Facility (SBTF), Tejas Light Combat Aircraft (LCA) versi Angkatan Laut melakukan pendaratan pertama yang sukses di atas kapal induk Angkatan Laut India INS Vikramaditya pada pukul 10 pagi, Sabtu, 11 Januari 2020. Commodore Jaideep Maolankar melakukan pendaratan pertama. Captain Dahiya bertindak sebagai Landing Safety Officer (LSO) dan Commander Vivek Pandey sebagai Test Director di kapal sedangkan Captain Kabadwal dan Commander Ankur Jain memantau pesawat melalui telemetri dari SBTF. LCA versi Angkatan laut dikembangkan oleh Organisasi Penelitian dan
Pengembangan Pertahanan India (DRDO).
India telah mereplikasi dek penerbangan kapal induk di Shore Based Test Facility (SBTF) yang dirancang khusus untuk melatih pilot Angkatan Laut India. Pitching deck landing adalah prosedur penerbangan yang paling menantang. Fasilitas pelatihan tersebut akan memberikan pilot India kesempatan untuk berlatih dalam manuver kompleks pendaratan di dek penerbangan kapal induk yang pendek sebelum mereka pindah ke kapal induk yang sebenarnya.
LCA Mk1 varian Angkatan Laut melakukan penerbangan perdananya pada bulan April 2012 dan dua prototipe telah terbang sebagai bagian dari pengembangannya. Pada bulan September 2019, Tejas varian Angkatan Laut berhasil menyelesaikan pengujian di Goa dengan melakukan take-off jarak pendek (200 meter) di Shore Based Test Facility dimana disana juga dilakukan pengujian hot refueling (pengisian bahan bakar dengan mesin menyala).
Tejas LCA varian Angkatan Laut dirancang dengan roda pendaratan yang lebih kuat untuk menyerap kekuatan benturan dengan ski ramp saat lepas landas, untuk mengudara dalam jarak 200 m dan mendarat dalam jarak 100 m dibandingkan dengan 1.000 m yang diperlukan untuk landasan pacu normal.
Pada 2019, Angkatan Laut India telah memesan 8 Tejas varian Angkatan Laut dalam konfigurasi Mk1, yang mencakup 4 pesaway tempur satu kursi dan 4 pesawat dua kursi.
Kapal induk INS Vikramaditya telah dirancang untuk mengoperasikan pesawat sayap tetap konvensional dan helikopter, hingga berjumlah total 34 pesawat. Jenis pesawat terbang utamanya adalah Mikoyan MiG-29K, yang merupakan varian Angkatan Laut dari MiG-29M.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon