Menhan Prabowo Subianto Ingin Impor Alutsista, Presiden Akan Bahas di Rapat Terbatas

KangUsHa 13:00
Loading...

Presiden Joko Widodo merespons keinginan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang berniat membeli alat utama sistem persenjataan ( alutsista) buatan dari Perancis.
Jokowi mengaku akan membahasnya terlebih dahulu dalam rapat terbatas yang dilakukan di Surabaya, Jawa Timur, pekan depan.
Fregat Iver Class
Fregat Iver Class 
"Belum diputuskan. Nanti minggu depan baru kita bicarakan. Jadi di bidang apa, untuk peralatan apa, nanti minggu depan (dibahas)," kata Jokowi selepas menghadiri Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan di Jakarta, Kamis (23/1/2020).
Menurut Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sudah melakukan penjajakan untuk pembelian alutsista dengan sejumlah negara.
Tak hanya Prancis, ada juga Korea Selatan serta negara-negara di Eropa Timur.
Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengaku akan segera memutuskan pembelian alutsista setelah melakukan rapat terbatas bersama Prabowo dan jajaran terkait pada pekan depan.
"Minggu depan kami akan rapat terbatas dengan Pak Menhan nanti di Surabaya," ujar dia.
Selain membeli alutsista dari luar, Jokowi juga menekankan, Indonesia siap mengekspor sejumlah alutsista ke sejumlah negara.
Menurut dia, sudah ada beberapa negara yang juga tertarik membeli alutsista Indonesia yang diproduksi PT Pindad.
"Banyak. Flipina juga ini dalam rangka masih sedikit proses dan kemungkinan juga akan dimenangkan oleh kami," ujar dia.
Prabowo Subianto tercatat sudah menyambangi tujuh negara sejak dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 23 Oktober 2019.
Lawatannya ke luar negeri dalam rangka menjalankan tugas utama sebagai Menteri Pertahanan yakni, diplomasi pertahanan.
Dalam diplomasi pertahanan ini juga sebagai upaya implementasi modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI.
"Sejak awal beliau menyatakan bahwasanya dua bulan sampai enam bulan pertama beliau akan fokus pada modernisasi alutsista," ujar Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (16/1/2020).
Adapun tujuh negara yang sudah disambangi Prabowo antara lain Malaysia pada 14 November 2019, Thailand pada 17 November 2019, Turki pada 27-29 November 2019, dan China pada 15 Desember 2019.
Kemudian, Jepang pada 20 Desember 2019, Filipina pada 27 Desember 2019, dan Perancis pada 11-13 Januari 2020. (Icha Rastika)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon