Perancis Kerahkan Kapal Induk Charles de Gaulle ke Arab Saudi - Radar Militer

20 Januari 2020

Perancis Kerahkan Kapal Induk Charles de Gaulle ke Arab Saudi


Prancis meningkatkan kehadiran militernya di kawasan Timur Tengah. Paris dilaporkan telah mengerahkan sistem radar dan juga kapal induk ke pantai timur Arab Saudi.
Kapal Induk Charles de Gaulle
Kapal Induk Charles de Gaulle  
Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengatakan, di Semenanjung Arab dan Teluk Persia, di mana ketegangan meningkat, Paris telah mengerahkan Satgas Jaguar, yang berkontribusi untuk membantu meningatkan keamanan Saudi.
Macron juga mengumumkan bahwa Prancis akan mengerahkan kapal induk Charles de Gaulle untuk bergabung dengan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) yang memerangi ISIS di kawasan tersebut.
"Kapal induk akan mendukung operasi Chammal (di Timur Tengah) dari Januari hingga April 2020 sebelum dikerahkan ke Samudra Atlantik dan Laut Utara," katanya, merujuk pada dari misi yang dipimpin AS di Timur Tengah.
"Sekali lagi kapal induk kami akan menjadi pusat operasi gabungan di antara beberapa negara Eropa," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir PressTV pada Minggu (19/1/2020).
Macron lebih lanjut mencatat bahwa kapal induk bertenaga nuklir itu akan dikawal oleh skuadron Eropa, termasuk kapal dari Jerman, Belgia, Belanda, Spanyol, Portugal dan Yunani. (Victor Maulana)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb