Putin: Lima Negara Nuklir Harus Bersatu Cegah Perang Global

KangUsHa 19:00
Loading...

Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan, negara-negara bersenjata nuklir, anggota tetap Dewan Keamanan (DK) PBB, harus bekerja pada pendekatan bersama yang bertujuan mencegah perang global. Putin menyebut, lima anggota tetap DK PBB memiliki tanggung jawab untuk mencegah terjadinya perang skala besar.
Vladimir Putin
Vladimir Putin 
"Anggota tetap DK PBB, Amerika Serikat (AS), China, Rusia, Inggris dan Prancis, membawa tanggung jawab khusus untuk mengamankan pembangunan kemanusiaan yang berkelanjutan," kata Putin, seperti dilansir Russia Today pada Kamis (15/1/2020).
Putin menyebut, kelima negara ini harus mulai menyusun langkah-langkah yang bertujuan menetralkan kondisi apa pun untuk mencegah perang global dan mengembangkan pendekatan baru untuk mengamankan stabilitas dunia.
Dia juga menyatakan keprihatinan mendalam atas meningkatnya ketegangan baru-baru ini antara AS dan Iran, yang hampir membuat kedua negara berada di ambang perang.
Berbicara mengenai keamanan nasional dan penambahan peralatan militer serta persenjataan Rusia, Putin menyatakan bahwa Moskow tidak mengancam siapa pun dan tidak berusaha memaksakan kehendaknya di negara-negara lain.
"Pada saat yang sama, untuk pertama kalinya dalam sejarah, Rusia tidak mengejar siapa pun dalam hal kemampuan pertahanannya. Sebaliknya, negara-negara lain yang berlomba untuk mengembangkan senjata canggih yang dimiliki Rusia," tukasnya. (Victor Maulana)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon