Saab Memulai Perakitan Pesawat T-7A Red Hawk AU Amerika Serikat - Radar Militer

24 Januari 2020

Saab Memulai Perakitan Pesawat T-7A Red Hawk AU Amerika Serikat


Saab telah memulai perakitan bagian aft-fuselage (bagian belakang pesawat) pertama pesawat latih T-7A Red Hawk untuk fase engineering and manufacturing development (EMD) dari program pesawat latih T-X Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF).
 Pesawat T-7A Red Hawk
 Pesawat T-7A Red Hawk  
Saab merupakan mitra Boeing dalam pengembangan pesawat T-7 Red Hawk, yang sebelumnya bernama Boeing T-X. Boeing T-X pada tanggal 27 September 2018 terpilih oleh AU AS sebagai pemenang program T-X untuk menggantikan pesawat latih Northrop T-38 Talon.
Pabrikan Swedia itu mengatakan pada 21 Januari bahwa mereka telah mulai membangun bagian pertama dari bagian belakang kokpit hingga bagian belakang pesawat latih yang telah dikembangkan sebagai mitra kontraktor utama T-X, Boeing.
"Dalam waktu kurang dari setahun sejak kami menandatangani kontrak EMD, kami mulai memproduksi bagian kami untuk jet T-7A," kata Saab dalam sebuah pernyataan.
Dengan dua production representative jet (PRJ) yang sudah dibangun dan terbang, kontrak EMD yang diberikan pada September 2018 adalah untuk lima pesawat tambahan untuk uji coba penerbangan, ditambah satu pesawat untuk uji statis dan satu pesawat untuk uji fatigue.
Saab sekarang sedang membangun tujuh unit bagian aft-fuselage EMD ini di pabriknya di Linköping, Swedia, sebelum ditransfer ke fasilitas Boeing St. Louis di Missouri untuk perakitan akhir pesawat. Sebagaimana dicatat oleh Saab, pekerjaan yang saat ini dilakukan di Linköping akan ditransfer ke West Lafayette di Indiana, di mana bagian-bagian untuk sekitar 60 pesawat akan diproduksi per tahun.
Sebelumnya, Saab menolak mengatakan kapan pesawat EMD pertama akan terbang, mencatat bahwa "ini adalah informasi yang sangat sensitif untuk USAF".
Selain Boeing dan Saab, pemasok industri lainnya sejauh ini diungkapkan meliputi General Electric, Triumph Group, Collins Aerospace, L3 Technologies, dan Elbit Systems.
USAF membeli 351 pesawat Red Hawk untuk menggantikan Northrop T-38 Talon yang telah beroperasi sejak 1960-an. Dengan pesawat pertama yang akan dikirim ke Randolph Air Force Base (AFB), Texas, pada tahun 2023, initial operational capability (IOC) dijadwalkan pada tahun 2024. 
Semua pangkalan latihan pilot pada akhirnya akan beralih dari T-38C ke T-7A, termasuk yang berada di Columbus AFB, Mississippi, Laughlin AFB dan Sheppard AFB, Texas dan Vance AFB, Oklahoma.(Angga Saja-TSM)
Sumber : janes.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb