Thailand Siapkan Pesawat C-130 untuk Evakuasi Warga Thailand dari Wuhan - Radar Militer

27 Januari 2020

Thailand Siapkan Pesawat C-130 untuk Evakuasi Warga Thailand dari Wuhan


Sebanyak empat pesawat C-130 dengan tim medis telah disiagakan seandainya Thailand memutuskan untuk menerbangkan warganya dari Wuhan saat wabah coronavirus memburuk di Tiongkok.
C-130 Angkatan Udara Thailand
C-130 Angkatan Udara Thailand 
Panglima Angkatan Udara Kerajaan Thailand Maanat Wongwat mengatakan pada hari Minggu (26/01) bahwa pesawat angkut dan tim medis siap untuk berangkat ke kota Tiongkok tersebut segera setelah pemerintah memberikan lampu hijau untuk rencana evakuasi.
"Angkatan udara telah siap," kata ACM Maanat.
Deputi Perdana Menteri Prawit Wongsuwon mengatakan pada hari Minggu bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan rencana untuk membantu warga Thailand di Wuhan, pusat penyebaran wabah coronavirus.
Sebanyak 64 warga Thailand - 54 pelajar dan 10 pekerja - berada di ibukota provinsi Hubei, menurut Kementerian Luar Negeri.
Rencana evakuasi itu muncul setelah beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Prancis dan Jepang, telah mengatur penerbangan untuk memindahkan warganya dari Wuhan, kota pertama yang diisolasi dimana pihak berwenang Tiongkok berusaha menahan wabah itu.
Rencana evakuasi Thailand akan menjadi lebih jelas ketika Rapid Response Center yang terdiri dari pejabat dari beberapa lembaga mengadakan pembicaraan pada hari Senin ahri ini di Kementerian Luar Negeri.
Pengaturan tersebut mencerminkan kekhawatiran yang berkembang setelah lebih banyak orang di Thailand dicurigai telah terinfeksi.
Thailand menempati urutan ke-delapan dalam jumlah orang yang terinfeksi tertinggi setelah Tiongkok.
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Thailand Busadee Santipitaks pada hari Minggu menegaskan bahwa rencana evakuasi belum selesai. Semua tindakan untuk membantu orang Thailand di Wuhan akan diajukan dalam pertemuan pusat pada hari Senin, tambahnya.
Jumlah korban virus telah meningkat menjadi 56 dan lebih dari 2.000 orang telah terinfeksi sejauh ini.
Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai telah memerintahkan para diplomat Thailand yang berbasis di Tiongkok untuk memantau situasi dengan seksama, tambahnya.(Angga Saja-TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb