Trump Tolak Pensiunkan Dini Kapal Induk USS Harry S Truman

KangUsHa 21:00
Loading...

Untuk kedua kalinya, pemerintah Presiden Donald Trump menolak proposal Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) untuk memensiunkan dini Kapal Induk USS Harry S Truman. Rencana Angkatan Laut itu dengan dalih untuk menghemat dana miliaran dolar.
 USS Harry S Truman
 USS Harry S Truman 
Presiden Trump menginginkan Amerika memiliki 355 kapal. Sedangkan Angkatan Laut ingin memangkas anggaran kapal yang tidak mereka butuhkan. Kedua visi itu bertabrakan sekali lagi untuk nasib kapal induk USS Harry S Truman, sebuah kapal yang belum bisa keluar dari tempat perbaikan.
Menurut memo pada bulan lalu dari Kantor Manajemen dan Anggaran (OMB) Gedung Putih untuk Pentagon, administrasi Trump mendorong mundur untuk kedua kalinya pada upaya Angkatan Laut untuk memensiunkan dini kapal Truman dari layanannya.
"(Pengajuan anggaran) Angkatan Laut tidak mengisi bahan bakar USS Harry S Truman (CVN-75) atau mempertahankan sayap udara yang terkait," bunyi memo OMB, yang dikutip dari Defense News, Selasa (31/12/2019).
Media itu mencatat bahwa Gedung Putih menginstruksikan Departemen Pertahanan untuk memberikan rencana pengisian bahan bakar untuk 30 tahun ke depan kepada USS Harry S Truman.
Rencana Angkatan Laut untuk membatalkan pengisian bahan bakar paruh baya pada kapal induk bertenaga nuklir berarti mengurangi separuh umur kapal tersebut atau memaksanya untuk pensiun dalam beberapa tahun ke depan.
Menurut Defense News, memo itu mengungkapkan rencana drastis para pemimpin Angkatan Laut AS untuk memotong anggaran mereka hingga miliaran dolar. Bagi Angkatan Laut, daripada menambah armada dengan hampir 70 kapal, rencana itu akan mengurangi enam unit kapal, menjadi 287 kapal pada tahun 2025 mendatang.
Beberapa dari pemotongan anggaran lain yang diusulkan oleh Angkatan Laut termasuk pengurangan anggaran 42 persen untuk kapal perusak kelas Arleigh Burke dan mengurangi separuh jumlah kapal selam kelas Virginia dan fregat FFG (X) yang akan dibangun setiap tahun.
Angkatan Laut juga ingin mempercepat pensiunnya empat kapal penjelajah serta membatalkan perbaikan paruh baya yang diperpanjang pada kapal penjelajah kelas Ticonderoga yang telah uzur, seperti yang telah dilakukan terhadap kapal USS Harry S Truman yang berusia 21 tahun.
Proposal itu juga melibatkan pensiun dini tiga dermaga pendaratan kapal amfibi Angkatan Laut dan empat kapal tempur littoral barunya, yang mana Angkatan Laut telah berjuang untuk menemukan manfaatnya.
Upaya pertama Angkatan Laut untuk memensiunkan dini kapal induk Harry S Truman pernah mendapat tekanan balik yang signifikan baik dari Gedung Putih maupun Capitol Hill atau Parlemen. Trump secara resmi membatalkan keputusan pada bulan April, tak lama setelah Departemen Pertahanan menandatangani kontrak untuk pembelian ganda kapal kelas Ford yang akan menggantikan kapal induk kelas Nimitz seperti Harry S Truman. Rencana itu membayangkan penghapusan kapal Harry S Truman keluar dari armada pada tahun 2025. (Muhaimin)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon