Turki Ajak Malaysia Kerjasama Buat Jet Latih Ringan Hurjet - Radar Militer

15 Januari 2020

Turki Ajak Malaysia Kerjasama Buat Jet Latih Ringan Hurjet


Seperti tidak mau kalah dari Jirannya Indonesia dalam hal teknologi penerbangan, Malaysia dikabarkan mendekati Turki untuk bekerjasama memproduksi pesawat serang Ringan Hurjet. Hal tersebut dikonfirmasikan oleh Yenisafak (10/1/2020) Turkish Aerospace Industries (TAI) mengundang Malaysia untuk mengembangkan dan produksi bersama Hurjet.
 Jet Latih Ringan Hurjet
 Jet Latih Ringan Hurjet 
Menurut CEO TAI Temel Kotil “kita perlu menemukan mitra internasional. Ini proyek besar, tidak hanya untuk Turki. Kami yakin Malaysia dapat berkontribusi pada teknologi pesawat ini dengan kemampuan produksi bagian pesawatnya”
Jika kerjasama ini sukses maka Malaysia adalah Negara ASEAN kedua yang bekerjasama dengan Negara luar untuk membuat pesawat tempur setelah Indonesia yang bekerjasama dengan Korea Selatan untuk membuat jet tempur generasi 4.5 KFX/IFX.
Sebagai informasi Hurjet adalah pesawat tempur/latih kelas ringan buatan Turkish Aerospace Industries (TAI), saat ini Hurjet masih dalam tahap pengembangan oleh TAI. Hurjet merupakan pesawat bermesin tunggal FJ 44-M buatan SAAB dan berkursi ganda (tandem) oleh karena itu pesawat ini cocok sebagai pesawat latih lanjut dan serang darat.
Menurut proyeksi TAI akan menggunakan pesawat ini sebagai pesawat latih lanjut dari pesawat tempur generasi kelima Turki yaitu Turkish Fighter Experimental (TFX) untuk menggantikan pesawat latih tua T 38 Talon

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb