Ukraina Desak Iran Kembalikan Kotak Hitam - Radar Militer

21 Januari 2020

Ukraina Desak Iran Kembalikan Kotak Hitam


Ukraina akan mendesak Iran agar mengembalikan kotak hitam pesawat yang ditembak jatuh di dekat Teheran. Desakan ini datang setelah Iran memutuskan untuk membatalkan rencana mengirimkan kotak hitam itu ke Kiev.
Vadym Prystaiko
Vadym Prystaiko 
"Ukraina akan mendesak Iran untuk menyerahkan kotak hitam pesawat yang ditembak jatuh," kata Menteri Luar Negeri Ukraine, Vadym Prystaiko, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (20/1/2020).
"Kami akan menyampaikan pesan itu kepada Menteri Jalan dan Pembangunan Kota, Mohammad Eslami yang akan berkunjung ke Kiev bahwa mengembalikan kotak hitam itu akan menunjukkan bahwa Iran menginginkan penyelidikan yang tidak bias terhadap kecelakaan itu," ungkapnya.
Iran kemarin memutuskan membatalkan rencana mengirim kotak hitam pesawat penumpang Ukraina ke negara asalnya. Teheran mengatakan, mereka akan menganalisa kotak hitam itu di dalam negeri.
Hassan Rezaifar, seorang direktur yang bertanggung jawab atas investigasi kecelakaan di Organisasi Penerbangan Sipil Iran, mengatakan, pihaknya untuk saat ini akan berusaha untuk menganalisa kotak hitam itu. Jika menemui jalan buntu, papar Rezaifar, Teheran baru akan mengirimkan kotak hitam itu ke Ukraina atau Prancis untuk dianalisa.
"Kami mencoba membaca kotak hitam di Iran. Kalau tidak, pilihan kami adalah Ukraina dan Prancis, tetapi sejauh ini belum ada keputusan yang diambil untuk mengirimnya ke negara lain," ucap Rezaifar. (Victor Maulana)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb