Akhir Tahun, Indonesia dan Rusia Gelar Latihan Perang di Laut Jawa - Radar Militer

13 Februari 2020

Akhir Tahun, Indonesia dan Rusia Gelar Latihan Perang di Laut Jawa

Duta Besar Rusia di Jakarta, Lyudmila Georgievna Vorobieva, mengatakan akan menggelar latihan bersama angkatan laut dengan Indonesia sekitar akhir 2020 di Laut Jawa.
Vorobieva menuturkan latihan militer ini ditujukan untuk memperkuat kerja sama pertahanan dan tingkat kepercayaan antara kedua negara.
  Kopaska TNI AL Latihan dengan Pasukan Khusus Rusia
Kopaska TNI AL Latihan dengan Pasukan Khusus Rusia 
"Jujur saya belum mengetahui detailnya, tetapi (latihan) dilakukan mungkin di sekitar Laut Jawa," kata Vorobieva kepada wartawan dalam jumpa pers di kantornya, Rabu (12/2).
"Saya juga hanya mengetahui kalau (latihan) akan dilakukan sekitar akhir tahun ini dengan kapasitas personel yang tak besar," ujarnya menambahkan.
Menurut dia, Rusia tak akan mengerahkan kapal induk dalam latihan bersama akhir tahun nanti. Rusia akan mengirimkan dua atau tiga kapal perang ke Laut Jawa untuk ikut latihan itu.
Dia mengatakan latihan militer bersama ini merupakan bagian dari penguatan kerja sama kedua negara di usia 70 tahun hubungan bilateral yang jatuh tahun ini.
Dalam sektor pertahanan, kedua negara berencana menggelar lebih dari 40 event. Selain latihan militer dengan Indonesia, Rusia juga akan menggelar latihan militer dengan ASEAN.
Vorobieva menyebut ini merupakan latihan militer biasa yang pernah Rusia lakukan dengan negara-negara lain sebelumnya.
Rusia, paparnya, juga akan memberikan beasiswa bagi personel TNI untuk berlatih di situs pendidikan militer mereka. (rds/dea)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb