Al Zubarah, Fincantieri Luncurkan Korvet Kelas Doha Pertama Angkatan Laut Qatar

15:00
Loading...
Galangan kapal Italia Fincantieri telah meluncurkan korvet pertama untuk Angkatan Laut Qatar, Al Zubarah. Peluncuran korvet tersebut di galangan kapal di Muggiano, La Spezia, pada 27 Februari.
Al Zubarah adalah korvet pertama dari empat korvet yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan Qatar dalam program akuisisi angkatan laut Qatar.
Korvet Kelas Doha Pertama Angkatan Laut Qatar
Korvet Kelas Doha Pertama Angkatan Laut Qatar 
Kontrak yang diberikan oleh Qatar ke Fincantieri bernilai sekitar 4 miliar euro. Kontrak tersebut mencakup tujuh kapal permukaan dengan rincian empat korvet, satu kapal amfibi (LPD - Platform Pendaratan Dock) dan dua kapal patroli (OPV - Offshore Patrol Vessel) serta layanan dukungan di Qatar selama 10 tahun setelah pengiriman kapal.
Al Zubarah, yang akan dikirim pada tahun 2021, dirancang konsisten dengan aturan RINAMIL. Korvet ini adalah jenis kapal fleksibel yang mampu memenuhi berbagai jenis tugas mulai dari pengawasan dengan kapasitas penyelamatan laut hingga menjadi kapal perang.
Korvet Al Zubarah memiliki panjang sekitar 107 meter dan lebar 14,70 meter serta kecepatan maksimum 28 knot. Unit ini dilengkapi dengan gabungan diesel dan diesel plant (CODAD) dan dapat menampung 112 orang di dalamnya 98 di antaranya awak kapal.
Selanjutnya, kapal akan mampu mengoperasikan kapal berkecepatan tinggi seperti RHIB (Rigid Hull Inflatable Boat) melalui crane lateral atau tanjakan pengangkut yang terletak di buritan. Dek penerbangan dan hanggar mampu menampung satu helikopter NH90.(paijojr)


Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon