Angkatan Laut Bela Diri Jepang Uji Coba Rudal Anti-Permukaan Type-12 dari Pesawat Patmar P-1 - Radar Militer

12 Februari 2020

Angkatan Laut Bela Diri Jepang Uji Coba Rudal Anti-Permukaan Type-12 dari Pesawat Patmar P-1

Angkatan Laut Bela Diri Jepang telah mulai menguji versi peningkatan dari rudal permukaan ke kapal Type-12 dalam konfigurasi yang diluncurkan dari udara. Rudal ini dirancang untuk pesawat patroli maritim P-1.
Uji Coba Rudal Anti-Permukaan Type-12 dari Pesawat Patmar P-1
Uji Coba Rudal Anti-Permukaan Type-12 dari Pesawat Patmar P-1 
Menurut beberapa laporan media, sebuah pesawat patroli P-1 yang dilengkapi dengan empat rudal Type-12 berbasis udara yang dimodernisasi melakukan uji terbang pertamanya dari Naval Air Facility Atsugi pada 10 Februari 2020 lalu.
Varian yang diluncurkan melalui udara dari rudal anti-kapal Type-12 terbaru memiliki jangkauan maksimum lebih dari 300 km. Juga dilaporkan bahwa pesawat patroli anti-kapal selam Kawasaki P-1 akan dapat mengangkut hingga 8 rudal anti-kapal Type-12.
Type-12 menampilkan sistem navigasi inersia (INS) dengan panduan GPS di tengah jalan dan presisi yang lebih baik karena Penyesuaian Kontur Terrain yang ditingkatkan dan kemampuan diskriminasi target. Senjata ini terhubung ke jaringan, di mana penargetan awal dan tengah jalan dapat disediakan oleh platform lain, dan juga menawarkan waktu muat ulang yang lebih pendek, mengurangi biaya siklus hidup seperti dikutip dari laman majalah militer online, Defence Blog, Selasa (11/2/2020).
Para ahli mengaitkan niat Tokyo untuk membuat rudal anti-kapal baru dengan aktivitas angkatan udara China yang meningkat secara tiba-tiba dan kapal penjaga pantai Beijing, yang terus-menerus menyerang wilayah udara dan perairan teritorial Jepang selama beberapa bulan terakhir. (Berlianto)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb