BrahMos, Rudal Jelajah Tercepat di Dunia Buatan Rusia-India

KangUsHa 14:00
Loading...
Rusia dan India dilaporkan telah sukses mengembangkan rudal tercepat di dunia. Rudal tersebut, yang diketahui mulai digunakan oleh militer India, diberi nama BrahMos.
BrahMos merupakan hasil kerja sama patungan antara perusahaan Rusia NPO Machinostroeniya dan Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India. Rudal ini secara khusus telah menjadi dasar untuk pengembangan lebih lanjut teknologi rudal jelajah Rusia untuk militer India.
Rudal Jelajah BrahMos
Rudal Jelajah BrahMos 
Seperti dilansir RBTH, rudal tersebut diyakini sebagai rudal jelajah tercepat di dunia. Rudal itu dikabarkan mampu melesat hingga Mach 3, kecepatan penerbangan sekitar 3.700 kilometer per jam dengan berat 2,5 hingga 3 ton, tergantung pada variasi hulu ledak.
Selain itu, setiap hulu ledak tak hanya bisa terdiri dari fragmentasi penembus perisai konvensional, tetapi juga dilengkapi dengan persenjataan bermuatan nuklir. Dengan demikian, setiap unit rudal ini betul-betul merupakan kekuatan yang patut diperhitungkan.
Saat ini, rudal BrahMos versi darat dan laut telah dikerahkan, dengan masing-masing rudal mampu melenyapkan target pada jarak hingga 600 km. Sedangkan model BrahMos Su-30MKI akan melalui serangkaian tes pertempuran terlebih dahulu sebelum akhirnya diproduksi massal sesuai kebutuhan Angkatan Udara India.
Militer India sendiri dilaporkan mengerahkan pesawat-pesawat jet tempur multiperan Sukhoi 30-MKI yang telah dimodikasi ke wilayah selatan negara tersebut, yang dilengkapi dengan BrahMos.
Kepala Staf Pertahanan Jenderal Bipin Rawat dan Kepala Angkatan Udara Marsekal Udara RKS Bhadauria meresmikan skuadron jet tempur Sukhoi-30MKI di India Selatan pada hari Senin. Skuadron yang dinamai 222 tersebut berbasis di Pangkalan Angkatan Udara di Thanjavur Tamil Nadu.
"Keputusan untuk menyebarkan Su-30 MKI di Thanjavur diambil karena lokasinya yang strategis. SU-30 MKI yang dilantik di sini dilengkapi dengan senjata khusus (rudal jelajah supersonik BrahMos)," kata Kepala Angkatan Udara Marsekal Udara RKS Bhadauria.
Bhadauria mengatakan, integrasi BrahMos dengan SU-30MKI adalah proses yang "sepenuhnya lokal" yang dilakukan oleh BrahMos Aerospace, HAL (Hindustan Aeronautics Limited) dan Angkatan Udara India. (Victor Maulana)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon