ICGS Vajra, L&T Luncurkan OPV Kelas Vikram Ke Enam Untuk Coast Guard India

08:00
Loading...
Larsen & Toubro (L&T) telah meluncurkan kapal patroli lepas pantai (OPV) keenam kelas Vikram ICGS Vajra (37) milik Coast Guard India (ICG), dalam sebuah upacara di Galangan Kapal L&T Kattupalli di dekat Chennai, pada 27 Februari.
OPV  ICGS Vajra (37) Coast Guard India
OPV  ICGS Vajra (37) Coast Guard India  
Kapal ICGS Vajra (37) secara seremonial diluncurkan oleh Smt. Neeta Mandaviya, Istri Menteri Mansukh Mandaviya; Krishnaswamy Natrajan, Direktur Jenderal ICG dan pejabat tinggi lainnya dari Pemerintah Pusat dan Negara.
L&T menerima pesanan senilai USD200 juta untuk desain dan konstruksi tujuh OPV dari Kementerian Pertahanan India pada Maret 2015. L&T adalah galangan kapal swasta India pertama yang membangun dan mengirimkan OPV untuk Penjaga Pantai India dan perusahaan berencana untuk mengirimkan OPR ketujuh pada tahun 2021.
Galangan kapal telah mengirimkan empat OPV pertama yang telah ditugaskan ke armada Penjaga Pantai India. Kapal-kapal ini adalah ICGS Vikram, ICGS Vijaya, ICGS Veera dan ICGS Varaha. Kapal kelima diluncurkan pada 31 Agustus 2019. ICGS Vajra (37) adalah kapal ke-6 yang dibangun dan diluncurkan oleh L&T untuk Kementerian Pertahanan India.
OPV kelas Vikram adalah kapal permukaan jarak jauh, dilengkapi untuk menangani operasi helikopter dan mampu beroperasi di zona maritim India termasuk wilayah kepulauan. Peran OPV adalah untuk melakukan patroli pantai dan lepas pantai, patroli zona maritim, kontrol dan pengawasan, operasi anti-penyelundupan dan anti-pembajakan dengan peran perang yang terbatas.
Kapal ICGS Vajra (37) memiliki berat 2.140 ton, panjang sekitar 97 meter, lebar 15 meter dan memiliki draft 3,6 meter. Kecepatan OPV ini hingga 26 knot dan memiliki jangkauan 5.000 NM.
Kapal dipersenjatai dengan 30mm CRN 91 Naval Gun dan dua senapan mesin berat 12,7mm (HMG) dengan sistem kontrol tembakan (FCS).
OPV dibangun dengan Sistem Manajemen Platform Terpadu (IPMS) untuk memungkinkan kemampuan kontrol khusus yang umumnya diintegrasikan ke dalam kapal perang yang lebih besar seperti fregat dan kapal perusak. Kapal dilengkapi dengan propulsi depanuntuk memberikan kemampuan manuver yang tinggi. Seluruh proses desain dan konstruksi telah disertifikasi oleh American Bureau of Shipping (ABS) serta Registrar of Shipping (IRS) India dan diawasi oleh tim anggota Penjaga Pantai India di Kattupalli.(paijojr)


Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon