India Perpanjang Lisensi Produksi MBT T-90S

KangUsHa 07:56
Loading...
Rusia dan India telah menandatangani perjanjian untuk memperpanjang lisensi produksi tank T-90S Bhishma hingga 2028. "Pada tahun 2019 lalu, sebuah kesepakatan ditandatangani dengan India untuk memperpanjang lisensi produksi tank T-90S hingga 2028, dan seperti yang kita ketahui, Dewan Akuisisi Pertahanan India telah menyetujui produksi 464 tank jenis ini," kata Denis Manturov, Menteri Industri dan Perdagangan Rusia.
Tank T-90 India
Tank T-90 India 
"Selain itu, India telah diundang untuk menerima atau berpartisipasi dalam produksi bersama peralatan militer lain seperti BTR-82A, BMP-3, Sprut-SDM1 self-propelled tank destroyer," tambah Manturov.
T-90 adalah tank tempur Rusia generasi ketiga yang mulai beroperasi pada tahun 1993. T-90 diproduksi oleh perusahaan Rusia Uralvagonzavod yang berbasis di Nizhnyi Tagil. Tank ini adalah variasi modern dari T-72B dan menggabungkan banyak fitur yang ditemukan pada T-80U. Awalnya disebut T-72BU, tetapi kemudian berganti nama menjadi T-90, dan merupakan tank canggih dalam kedinasan Angkatan Darat Rusia dan Infanteri Angkatan Laut Rusia. 
T-90 menggunakan meriam utama smoothbore 125 mm 2A46, sistem fire control 1A45T, mesin yang ditingkatkan, dan prangkat penglihatan termal untuk penembak. Perlindungan standarnya mencakup campuran armor baja dan komposit, pelontar granat asap, explosive-reactive armor (ERA) Kontakt-5 dan sistem jamming ATGM inframerah Shtora. Tank dirancang dan dibangun oleh Uralvagonzavod, di Nizhny Tagil, Rusia. Sejak 2011, angkatan bersenjata Rusia telah menghentikan pesanan untuk T-90, dan meningkatkan jumlah T-14 Armata mereka yang mulai berproduksi pada 2016.
T-90S adalah versi yang disempurnakan dari MBT T-90 buatan Rusia yang dirancang untuk memenuhi persyaratan operasional negara-negara di Asia, yaitu India dan Vietnam. T-90S adalah pengembangan terbaru dalam seri-T tank Rusia dan menampilkan peningkatan daya tembak, mobilitas, dan perlindungan. T-90S berada dalam kedinasan AD Rusia dan India
Pada bulan Februari 2001, Angkatan Darat India menandatangani kontrak untuk pembelian 310 MBT T-90S dengan nama Bhishma. Pada bulan Juli 2017, UralVagonZavod mengumumkan dalam laporan tahunannya bahwa mereka telah mendapatkan pesanan dari Vietnam untuk T-90S. Juga pada bulan Juli 2017, diumumkan bahwa Irak telah membeli 73 MBT termasuk T-90S dan kendaraan pos komando T-90SK untuk unit batalion tank.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon