Pakistan Pertimbangkan Akuisisi Helikopter Serang Z-10 Buatan China - Radar Militer

28 Februari 2020

Pakistan Pertimbangkan Akuisisi Helikopter Serang Z-10 Buatan China

Pakistan akan membeli helikopter serang Z-10 buatan China jika Turki dan Amerika Serikat gagal memenuhi pesanan masing-masing TAI T-129 (ATAK) dan Bell AH-1Z Viper .
Berbicara pada konferensi Helikopter Militer Internasional IQPC di London, komandan Penerbangan Angkatan Darat Pakistan, Mayor Jenderal Syed Najeeb Ahmed, mengatakan bahwa Changhe Aircraft Industries Corporation (CAIC) pembuat helikopter serang Z-10ME "tetap menjadi pilihan" jika helikopter T-129 buatan Turkish Aerospace Industries dan AH-1Z Viper buatan Bell Helicopter terbukti tidak dapat diperoleh karena berbagai alasan.
Helikopter Serang Z-10 Buatan China
Helikopter Serang Z-10 Buatan China  
Angkatan Darat Pakistan memiliki kebutuhan mendesak untuk menggantikan 32 helikopter Bell AH-1 Cobra yang telah menua yang telah beroperasi lebih dari 30 tahun. Mayor Jenderal Nasir D Shah, mengatakan kepada Jane dan media pertahanan lainnya pada Januari 2018, "Helikopter AH-1 telah memberikan dukungan dekat yang efektif untuk pasukan darat kami yang terlibat dalam operasi kontra-pemberontakan [COIN], tetapi mereka tidak dapat digunakan secara efektif dalam operasi ketinggian tinggi di atas 8.000 kaki."
Helikopter serang Z-10 dikenal juga dengan WZ-10 dirancang terutama untuk misi anti-tank tetapi memiliki kemampuan sekunder peperangan udara-ke-udara. Proyek helikopter ini dirancang bersama oleh Kamov Design Bureau Rusia dan 602nd Aircraft Design Institute di bawah kontrak dengan pemerintah China. Sedangkan untuk produksi oleh Changhe Aircraft Industries Corporation (CAIC). Varian terakhir saat berita ini ditulis yakni Z-10ME yang diluncurkan pada 2018 dan memperoleh berbagai peningkatan. (paijojr)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb