PNS Yarmook F-271, Korvet Terbaru Angkatan Laut Pakistan

12:00
Loading...
Salah satu korvet multirole seberat 2.300 ton telah aktif berdinas pada Angkatan Laut Pakistan (PN). Korvet tersebut merupakan buatan Damen pembuat kapal Belanda yang dipesan pada tahun 2017 yang lalu.
PNS Yarmook F-271
PNS Yarmook F-271 
Korvet multirole Angkatan Laut Pakistan telah diberi nama PNS Yarmook (F-271). Menurut perusahaan Damen, kapal tersebut dibuat berdasarkan desain Kapal Patroli Offshore (OPV) 1900. Upacara yang diadakan pada 13 Februari di Pelabuhan Constanta di Rumania yang juga dihadiri oleh Angkatan Laut Pakistan. Hadir juga dalam upacara tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, Wakil Laksamana Muhammad Fayyaz Gilani.
Dalam pernyataan 14 Februari Damen mengatakan bahwa "Yarmook, yang telah diluncurkan pada 17 Mei 2019 di fasilitas perusahaan di Galati Rumania, mampu melakukan "berbagai operasi maritim" dan dapat mengangkut helikopter dan kendaraan udara tak berawak".
Kapal korvet tersebut juga dapat membawa dua perahu karet berkecepatan tinggi - dengan panjang 11,5 m dan 6,5 m - memiliki kapasitas dua unit setara dua puluh kaki (TEU) untuk operasi misi khusus. Kapal kedua dari kelas ini yaitu Tabuk yang diluncurkan pada 3 September 2019 akan mulai beroperasi pada Mei.
Pembuat kapal Belanda telah menandatangani kontrak dengan Kementerian Produksi Pertahanan Pakistan pada 30 Juni 2017 untuk membangun dua OPV multiguna untuk Angkatan Laut Pakistan.
Para pejabat AL Pakistan sebelumnya menyatakan bahwa kapal-kapal ini "akan bertindak sebagai pengganda kekuatan dalam meningkatkan kemampuan angkatan laut dalam menjaga perbatasan laut dan akan menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam melakukan inisiatif Angkatan Laut Pakistan untuk patroli Keamanan Maritim Regional independen di wilayah Samudra Hindia".(paijojr)


Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon