Rafale M F3-R Angkatan Laut Perancis Jalani Misi Operasional Pertama

03:00
Loading...
Rafale M milik Angkatan Laut Prancis (Marine Nationale) dalam varian terbaru mereka dikenal dengan standar F3-R. Jet tempur tersebut memulai layanan operasional dengan terbang di atas Suriah dari kapal induk Charles de Gaulle pada 29 Januari 2020.
Rafale M F3-R Angkatan Laut Perancis
Rafale M F3-R Angkatan Laut Perancis 
Menurut Aéronavale dari Angkatan Laut Perancis (Naval Aviation), standar baru F3-R memiliki terobosan dalam komunikasi, intelijen dan persenjataan.
Pada tanggal 29 Januari, Letnan Guillaume menerbangkan jet tempur Rafale M F3-R yang lepas landas dari kapal induk Charles de Gaulle. Tujuan misi Rafale M tersebut adalah untuk mengumpulkan data di langit Suriah agar dianalisis dengan koalisi internasional yang memerangi ISIS, dalam kerangka Operasi Chammal. Ini menandai misi operasional pertama untuk Rafale M dalam standar terbaru.
Berkat sistem "free text" yang baru, sekarang pesawat Rafale dapat berkomunikasi dengan kapal induk Charles de Gaulle dan E-2C Hawkeye. Seperti sistem email yang sederhana, Rafale M menerima pesanan tertulis meskipun jaraknya ratusan mil laut. Menunggu frekuensi radio untuk mendapat informasi tidak lagi diperlukan. Tidak seperti transmisi audio, informasi tersebut ditulis dan oleh karena itu tersedia untuk konsultasi. Untuk pilot, "semua fitur baru ini telah diimplementasikan dengan sempurna". Ini adalah penerbangan operasional yang normal, kecuali untuk kemampuan baru yang dibawa F3-R.
Segera setelah penerbangan pertama ini dan dengan fungsi-fungsinya yang baru, pesawat tempur generasi baru terbang satu jam kemudian untuk misi dukungan udara (Close Air Support).
Rafale M F3-R sudah terlibat dalam semua operasi airwing Prancis dengan memanfaatkan kemampuan barunya dalam perang melawan ISIS.
Standar Rafale F3-R yang baru menghadirkan kemampuan baru di bidang intelijen, komunikasi, keterlibatan dan komando. Integrasi rudal jarak jauh Meteor dan generasi terbaru designation pod laser Talios dengan Rafale M merupakan inovasi utama. Pengembangan lain (terutama perangkat lunak) menjadi evolusi lebih lanjut dari pesawat.
Standar F3-R juga termasuk pemasangan Automatic Ground Collision Avoidance System (AGCAS) dan berbagai perbaikan pada radar RBE2, sistem perang elektronik Spectra, pod Reco NG dan sistem navigasi inersia.
Angkatan Laut Perancis (Marine Nationale) menerima pengiriman pesawat tempur Dassault Rafale M pertamanya yang ditingkatkan ke standar F-3R pada Desember 2018. Unit pertama yang menggunakan standar Rafale M F-3R adalah skuadron "Flotille 11F".(paijojr)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon