Uji Coba Pertama Rudal Hipersonik Jarak Jauh Rusia 'Tsirkon' Berjalan Sukses

13:00
Loading...
Ujicoba peluncuran pertama rudal hipersonik serangan darat dan laut Rusia yang ditembakkan dari Admiral Gorshkov telah dinyatakan sukses.
Rudal itu melaju dengan 9 kali kecepatan suara setelah diluncurkan dari fregat di Laut Barents dan mencapai sasaran darat dalam tes yang diadakan pada Januari, TASS mengatakan mengutip dua pejabat yang tidak disebutkan namanya dari Distrik Federal Barat Laut hari ini.
Rudal Hipersonik Jarak Jauh Rusia 'Tsirkon'
Rudal Hipersonik Jarak Jauh Rusia 'Tsirkon' 
"Sesuai dengan program uji coba negara, fregat Admiral Gorshkov menguji-meluncurkan rudal ini dari Laut Barents terhadap target darat di salah satu daerah uji militer Ural Utara pada awal Januari," salah satu sumber seperti dikutip.
Sumber lain mengatakan bahwa "jangkauan penerbangan Tsirkon melebihi 500 km." Rudal itu memiliki jangkauan maksimum 1000 km, menurut perancangnya.
"Setelah program peluncuran ujicoba dari fregat Admiral Gorshkov berakhir, rudal-rudal ini akan diuji coba dari kapal selam bertenaga nuklir," komentar sumber tersebut. Rudal itu kemungkinan akan membentuk kekuatan serangan utama kapal permukaan dan kapal selam Rusia dalam beberapa dekade mendatang.
Pengembang rudal (Asosiasi Riset dan Produksi Pembangunan Mesin) menolak berkomentar, kata TASS.
Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyatakan pada tahun 2019 bahwa Tsirkon mampu mencapai kecepatan Mach 9. Kemampuan jangkauannya yang dapat melebihi 1.000 km dan bahwa ada rencana untuk menyebarkan Tsirkon pada kapal perang yang dibangun untuk meluncurkan rudal jelajah Kalibr.
Rudal jelajah Kalibr telah berhasil digunakan oleh Rusia pada awal pertempuran melawan ISIS di Suriah. Tsirkon akan memastikan bahwa ia akan tetap memiliki kemampuan terdepan dalam intersepsi sistem pertahanan udara seperti US Patriot selama bertahun-tahun yang akan datang.(paijojr)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon