Dua Penerbang Skadron Udara 1 Capai Terbang Solo - Radar Militer

09 Maret 2020

Dua Penerbang Skadron Udara 1 Capai Terbang Solo

radarmiliter.com - Dua Penerbang Skadron Udara 1 Wing 7 Lanud Supadio mencapai Terbang Solo Pertama dengan pesawat Hawk 100/200. Para penerbang tersebut adalah Letda Pnb Bernardinus Yoga Kristian dan Letda Pnb Bartholomeus Ridho Mahadan. Upacara tradisi terbang solo pertama siswa Transisi Ke-19 ditandai dengan penyematan bagde dan penyiraman air kembang ke kepala para penerbang.
Upacara Tradisi Terbang Solo
Upacara Tradisi Terbang Solo 
Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Supadio Marsekal Pertama (Marsma) TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M., memimpin upacara tradisi terbang solo yang berlangsung di Home Base Skadron Udara 1, Jumat (6/3/2020). Turut hadir Komandan Wing 7 Kolonel Pnb Reka Budiarsa, para Kepala Dinas (Kadis), para Komandan Satuan (Dansat), para Kepala Seksi (Kasi) serta anggota Skadron Udara 1.
Danlanud Supadio Marsma TNI Palito Sitorus mengatakan pencapaian terbang solo pertama bagi seorang penerbang merupakan langkah awal dalam pengembangan karier sebagai penerbang sebelum menuju tahap latihan lebih lanjut dan terbang solo ini merupakan bagian yang penting bagi setiap penerbang yang menjalani pendidikan transisi.
“Sebagai penerbang pemula, tentunya minim pengalaman terbang, jadi jangan berpuas diri dengan keberhasilan terbang solo ini. Dan terus tingkatkan semangat, motivasi belajar, dan berlatih dengan tetap mematuhi setiap arahan para instruktur penerbang sehingga mampu melaksanakan fase-fase pendidikan berikutnya,” kata Danlanud.
Marsma TNI Palito Sitorus menambahkan keberhasilan dua penerbang pesawat Hawk 100/200 mencapai terbang solo tentunya kita tidak boleh cepat berpuas diri karena dibalik keberhasilan tentunya tidak menutup kemungkinan, akan ditemui kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaannya.
“Setiap fase-fase dalam pendidikan tentunya harus dicermati sekaligus dijadikan sebagai bahan evaluasi, sehingga pelaksanaan program latihan yang sama dimasa mendatang dapat dilaksanakan dengan lebih baik sesuai harapan kita bersama,” pungkas Danlanud.
Seorang penerbang yang meraih terbang solo Letda Pnb Bernardinus Yoga sangat senang. Inilah momen yang dinanti dan bersejarah bagi seorang penerbang. “Puji syukur akhirnya saya mencapai terbang solo pertama. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya dan keluarga. Keberhasilan ini berkat dukungan semua pihak, Komandan Skadron Udara 1 beserta jajaran nya, terima kasih atas bantuan dan dukungannya,” katanya.(Pen Lanud Spo)(RM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb