F-22 Amerika dan CF-18 Kanada Cegat Dua Pesawat Pengintai Rusia di Alaska

KangUsHa 15:00
Loading...
radarmiliter.com - Jet tempur F-22 Stealth milik Amerika Serikat (AS) dan pesawat tempur CF-18 Kanada mencegat dua pesawat pengintai Rusia karena terbang di lepas pantai Alaska pada Senin (9/3)
Pencegatan itu terjadi di tengah ketegangan yang sedang berlangsung antara AS dan militer Rusia ketika para pejabat AS telah menyatakan keprihatinan tentang peningkatan aktivitas militer Rusia di Kutub Utara.
F-22 dan Tu-142
F-22 dan Tu-142 
Dua pesawat pengintai maritim Rusia Tu-142 memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska pada Senin (9/3), tetapi tidak memasuki wilayah udara AS atau Kanada.
"Ada di wilayah udara internasional di atas Laut Beaufort, dan mendekati 50 mil laut ke pantai Alaska," Menurut Komando Pertahanan Aerospace Amerika Utara atau yang dikenal sebagai NORAD seperti dikutip CNN.
Pesawat-pesawat Rusia terbang di Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska selama sekitar empat jam.
Pencegatan pesawat Rusia itu juga di-posting di akun twitter NORAD yakni @NORADCommand
Pesawat AS dan Kanada secara rutin mencegat pesawat militer Rusia di daerah itu sebagai bagian dari upaya komando untuk mengamankan wilayah udara Amerika Utara.
Pesawat Rusia memasuki zona utara Alaska. Pesawat tempur NORAD mengawal TU-142 untuk durasi waktu mereka di zona tersebut. Pesawat Rusia tetap berada di wilayah udara internasional di atas Laut Beaufort, dan mendekati 50 mil laut ke pantai Alaska.
Pesawat Rusia tidak memasuki wilayah udara kedaulatan Amerika Serikat atau Kanada.
Pesawat Rusia beroperasi di daerah itu sebagai bagian dari upaya pelatihan mereka dan di masa lalu telah menerbangkan pembom berkemampuan nuklir ke daerah itu, mendorong penyadapan serupa oleh pesawat AS.
"NORAD menggunakan jaringan pertahanan radar, satelit, dan pesawat tempur berlapis untuk mengidentifikasi pesawat dan menentukan respons yang sesuai," kata NORAD dalam sebuah pernyataan.
Jet AS dan Kanada didukung oleh pesawat pengisian bahan bakar KC-135 dan pesawat peringatan dini dan kontrol E-3 Airborne.(Khomarul Hidayat)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon