Lockheed Martin Tambah Produksi Rudal Balistik Trident II D5 Untuk Kapal Selam

15:13
Loading...
radarmiliter.com - Perusahaan Amerika Lockheed Martin telah mendapatkan modifikasi kontrak $ 601,3 juta dari Angkatan Laut Amerika Serikat pada 19 Maret 2020 lalu. Kontrak tersebut untuk memproduksi sistem rudal balistik tambahan yang diluncurkan dari kapal selam untuk cabang layanan dan pemerintah Inggris.
Lockheed Martin akan memproduksi rudal Trident II D5 dan mendukung sistem yang dikerahkan melalui kontrak sumber tunggal, rilis Departemen Pertahanan pada 19 Maret 2020.
Rudal Balistik Trident II D5
Rudal Balistik Trident II D5  
Trident D5 atau UGM-133A Trident II adalah rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM). Rudal ini dibangun oleh Lockheed Martin Space Systems di Sunnyvale, California dan telah berdinas bersama angkatan laut Amerika dan Inggris. Penggunaan pertama kali rudal ini pada Maret tahun 1990.
Sebanyak 14 kapal selam Angkatan Laut Amerika Serikat telah dipersenjatai dengan rudal balistik Trident II. Masing-masing kapal selam membawa 24 rudal. Rudal Trident memiliki jangkauan 6.400 hingga 11.250 km. Dimensi rudal Trident II panjangnya 1.360 cm dengan diameter 210 cm dan beratnya 59.000 kg.
Rudal Trident II dikerahkan di kapal selam kelas Ohio yang masing-masing mampu membawa 24 rudal. Berdasarkan ketentuan Perjanjian Polaris Sales, rudal ini juga dibawa ke kapal selam kelas Vanguard AL Inggris.
Trident II D5 SLBM adalah rudal tiga-tahap, bahan bakar padat, dipandu inertially dengan jangkauan 4.000 mil laut yang mampu membawa beberapa W76-Mk4 / Mk4A atau W88-Mk5. Rudal ini diluncurkan oleh tekanan gas yang membesar di dalam tabung peluncuran. Ketika rudal menyentuh permukaan air, ia memasuki fase dorongan, mengeluarkan motor roket tahap pertama, kedua, dan ketiga. Setelah pemisahan motor tahap ketiga, rudal menyebarkan benda-benda masuk kembali.
Trident II SWS awalnya dirancang untuk memiliki masa kerja sekitar 25 tahun dan telah membuktikan dirinya sebagai sistem yang sangat akurat serta dapat diandalkan. Untuk mengatasi masalah penuaan dan keusangan, umur Trident II SWS diperpanjang. Misil D5LE Trident II D5 yang diperpanjang (D5LE) diperkenalkan ke Armada pada awal 2017. Rudal D5LE ini akan melayani selama sisa masa pakai kapal selam kelas Ohio dan kelas Vanguard Inggris. Rudal tersebut awalnya akan dibawa ke Kapal selam kelas Columbia AL Amerika Serikat dan kapal selam kelas Dreadnought Inggris.
Kelas kapal selam bertenaga nuklir Ohio termasuk 14 kapal selam rudal balistik Angkatan Laut Amerika Serikat (SSBN) dan empat kapal selam rudal jelajah (SSGN). Kapal selam Kelas Ohio juga dipersenjatai dengan empat tabung torpedo 533 mm dengan sistem kontrol torpedo digital mk118. Fitur bertahan kapal selam kelas Ohio termasuk delapan peluncur untuk umpan torpedo mk2 serta peralatan perang elektronik yang terdiri dari sistem peringatan ancaman WLR-10 dan penerima pengawasan WLR-8 (V).(paijojr)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon