Tiongkok Kirim MLRS PHL-03 (AR2) Tambahan ke Maroko

KangUsHa 14:00
Loading...
radarmiliter.com - Meskipun tidak dikonfirmasi oleh Angkatan Darat Maroko, Maroko telah menerima peluncur roket MLRS AR2 tambahan dari Tiongkok, Al Watan Voice melaporkan pada 8 Maret. AR2 adalah sebutan ekspor PHL-03. Belum diketahui secara pasti jumlah tambahan yang diterima oleh Maroko.
MLRS PHL-03
MLRS PHL-03  
Sistem peluncur roket multipel (MLRS) PHL-03 adalah versi Tiongkok dari BM-30 Smerch Rusia. Sistem itu dikembangkan oleh NORINCO dan dilaporkan memasuki kedinasan AD Tiongkok pada 2004-2005. PHL-03 ditawarkan untuk pelanggan ekspor sebagai AR2. Sistem ini telah dioperasikan oleh Maroko sebanyak satu batalion dengan 36 unit.
PHL-03 menggunakan konfigurasi yang sama dengan Smerch Rusia dengan 12 tabung peluncur untuk roket artileri 300 mm. Roket standar memiliki berat sekitar 800 kg dan memiliki hulu ledak 280 kg. Jarak tembak maksimum adalah 70-130 km tergantung pada jenis hulu ledak. Roket tersedia dengan hulu ledak High Explosive Fragmentation (HE-FRAG), fuel-air explosive (FAE), dan hulu ledak cluster dengan submunisi anti-armor dan anti-personil. Hulu ledak cluster juga dapat membawa munisi anti-tank dengan kemampuan penargetan sendiri. Salvo penuh dari sistem ini berpotensi dapat mencakup area hingga 67 hektar.
Meskipun PHL-03 adalah versi Tiongkok dari Smerch, nampaknya versi Tiongkok ini mampu mengalahkan versi asli Rusia dalam hal roketnya, karena roket dari PHL-03 memiliki jangkauan yang lebih jauh daripada Smerch. Pabrikan mengatakan bahwa roket Tiongkok 300 mm tidak kompatibel dengan roket Smerch Rusia karena ini menggunakan motor dan komponen propelan yang berbeda. Sistem roket artileri ini memiliki sistem fire control digital.
PHL-03 dipasang pada sasis 8x8 khusus Wanshan WS2400. Sistem tersebut diawaki oleh 4 orang personil. Kendaraan pengisian ulang roket juga didasarkan pada sasis kendaraan 8x8 yang sama dan dilengkapi dengan derek hidrolik. Setiap kendaraan membawa membawa 12 roket untuk mengisi ulang.(Angga Saja-TSM)(RM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon